Menu

5 Cara Merawat Tanaman Gantung Agar Tetap Hijau dan Subur

January 29, 2021 | Tanaman Hias, Teknik Pertanian

Cara merawat tanaman gantung perlu anda ketahui agar bisa hidup subur dan hijau. Tanaman hias memang semakin populer dan berkembang di kalangan ibu rumah tangga. Hal ini menjadi keuntungan bagi penjual tanaman hias karena tanamannya akan semakin laku. Tanaman hias pun beragam, salah satunya yang cukup populer yaitu jenis tanaman gantung. Jenis tanaman ini sangat cocok bagi anda yang memiliki rumah dengan area sempit.
Sebenarnya selain mudah dicari, jenis tanaman hias ini juga mudah dalam perawatan. Merawat tanaman memang tidak sama. Semua bisa disesuaikan dari jenis tanamannya. Jika tanaman hias tidak anda rawat, tentu akan mudah layu bahkan mati. Tanaman gantung memiliki cara perawatan yang sama seperti jenis tanaman hias lainnya.

Cara Merawat Tanaman Gantung

Merawat tanaman hias perlu anda lakukan agar tetap hijau dan hidup. Selain untuk mempercantik rumah anda, tanaman hias gantung juga mampu memberikan kesan teduh dan asri. Ada banyak jenis tanaman gantung yang bisa menghiasi rumah. Misalnya saja sirih Belanda, pakis boston, kantung semar, begonia, dan geranium. Anda bisa gunakan cara merawat tanaman gantung agar tetap hijau dan enak dipandang.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya:

1. Pemupukan Teratur

Cara pertama agar tanaman hias tetap hijau dan terlihat indah berikan pemupukan yang tepat. Dengan pupuk, tanaman akan tumbuh subur. Berikan pupuk alami atau kandang yang berasal dari kotoran hewan. Namun, jika di daerah anda sulit menemukan jenis pupuk tersebut, bisa kenakan pupuk NPK. Berikan pemupukan kurang lebih setiap sebulan sekali.

2. Siram di Pagi Hari

Cara merawat tanaman gantung kedua yaitu siram setiap pagi hari. Menyiram tanaman jenis yang satu ini memang sedikit merepotkan. Sebab, ketika disiram pastinya air akan menetes setelahnya. Untuk menyiasati hal ini, anda perlu memilih jenis tanaman yang menyerap air banyak seperti spider plant. Sebaiknya gunakan botol spray untuk menyiram dibanding menggunakan selang.

3. Pastikan Tanaman Terkena Matahari Cukup

Sinar matahari memang sangat penting untuk tanaman. Namun, untuk jenis tanaman hias yang satu ini kebutuhan akan sinar matahari hanyalah sedikit. Pastikan tanaman hias gantung tetap menerima sinar matahari yang cukup. Anda bisa pindahkan tanaman keluar ruangan setiap dua minggu sekali. Hal ini bertujuan agar tanaman tetap mendapatkan nutrisi alami yang diperoleh langsung dari matahari.

4. Pilih Pot yang Sesuai

Sebenarnya setiap jenis tanaman pot untuk menanamnya tidak sama. Oleh karena itu, anda harus memilih sesuai jenisnya. Pastikan pot untuk tanaman hias gantung anda sesuai. Selain itu, anda juga perlu menentukan jenis tanaman dengan pot yang digunakan. Hal ini bertujuan agar tanaman hias gantung anda tetap lembab.

5. Pilih Tali Gantung yang Pas

Karena tanaman hias ini perlu digantung, sebaiknya pilih material tali yang kuat dan sesuai. Tali untuk tanaman hias pun kini bisa anda dapatkan dengan mudah. Banyak tempat yang menjual dengan berbagai macam. Pilih tali yang kuat agar bisa menahan berat tanaman. Jangan gunakan kawat yang kurang kuat untuk menahan pot. Selain itu, tali kawat juga tidak enak dipandang.

Cara merawat tanaman gantung bisa membantu memberikan kesan yang indah untuk rumah. Selain itu, dengan perawatan yang rutin, tanaman tetap hijau dan tumbuh subur. Pilih jenis tanaman yang anda sukai karena tanaman hias gantung memiliki varian yang banyak.

Artikel terkait 5 Cara Merawat Tanaman Gantung Agar Tetap Hijau dan Subur