Menu

5 Cara Panen dan Pasca Panen Buah Sawo Di Pekarangan/Tabulampot

September 21, 2016 | Tanaman Buah

Tanaman sawo termasuk tanaman menahun, batang berkayu keras dan percabangan rapat. Tanaman sawo dapat berfungsi sebagai tanaman peneduh di depan rumah yang rajin berbuah. Cara menanam buah sawo sangat mudah dan mudah juga untuk ditanam tabulampot. Bunga sawo muncul dari ketiak-ketiak daun, sedangkan buahnya terbentuk menggantung pada tangkai buah. Daging buah cukup tebal, mengandung banyak air, dan bergetah. Rasanya manis dan beraroma khas.

Cara Panen Buah Sawo Tabulampot

Cara Panen Buah Sawo Tabulampot

5 Cara Panen dan Pasca Panen Buah Sawo Di Pekarangan/Tabulampot

1. Pilih buah sawo

Buah sawo yang sudah tua mempunyai ukuran maksimal. Ukuran maksimal buah sawo berbeda-beda tergantung jenisnya. Ukuran buah sawo maksimal bisa dilihat dari ukuran sawo yang paling besar dalam satu pohon. Buah tersebut tidak menunjukkan penambahan ukuran.

2. Gosok kulit luar buah sawo

Gosok perlahan kulit luar buah sawo menggunakan kain atau jari jempol. Gosok perlahan selama 1-2 menit sampai kulit ari yang kasar terkelupas. Buah sawo yang sudah tua kulitnya coklat muda agak kekuningan. Jika setelah di gosok kulit sawo berwarna hijau, berarti buah sawo masih muda. Buah sawo yang sudah tua kalau diperam sampai matang rasanya manis, sedangkan yang muda diperam akan beras kurang manis dan sepat.

3. Petik sawo dengan mudah

Petik buah sawo secara perlahan untuk mengetahui apakah buah sawo yang dipetik sudah tua atau masih muda. Buah sawo yang masih muda akan sulit terlepas dari tangkainya, sedangkan buah sawo yang sudah tua mudah dipetik dan terlepas dari tangkainya. Ciri lain buah sawo yang sudah tua yaitu mempunyai getah yang sedikit dibandingkan buah sawo yang masih muda.

4. Gosok kulit sawo

Setelah dilakukan pemanenan buah sawo, sawo dikumpulkan dalam satu wadah untuk dibersihkan. Ada beberapa macam trik untuk membersihkan buah sawo salah satunya dengan mencuci atau merendam buah sawo dalam air. Kemudian buah sawo di gosok menggunakan kain bersih / sabut untuk menghilangkankulit kasarnya. Penggosokan dilakukan secara perlahanagar tidak menimbulkan kerusakan kulit buah sawo. Penggosokan buah sawo juga dapat mempercepat pematangan buah sawo.

5. Pemeraman sawo

Untuk mempercepat pematangan buah sawo dapat dilakukan pemeraman. Walupun buah sawo setelah dibersihkan digeletakkan saja di wadah akan matang. Pemeraman bisa dilakukan dengan menyimpan sawo dalam wadah tertutup, seperti ember tertutup,karung dan sebagainya. Pemeraman dimaksudkan agar sawo dalam kondisi suhu yang sesuai untuk pematangan buah sawo. Sawo dapat matang dalam 2-2 hari setelah dipetik dari pohonnya. Buah sawo yang sudah matang dapat dilihat dari warna kulit yang mulai gelap dan kalau dipegang ditekan tersa empuk. Buah sawo yang matang beraroma khas, manis, dan mengandung banyak air.

Lihat versi videonya

Comments

comments

tags:

Artikel terkait 5 Cara Panen dan Pasca Panen Buah Sawo Di Pekarangan/Tabulampot