Menu

Alat Pertanian Modern Indonesia, Mantap!!!

October 11, 2016 | Tanaman Pangan

Indonesia merupakan negara agraris. Pertanian Indonesia yang paling banyak dibudidayakan adalah tanaman padi. Pertanian modern Indonesia untuk menanam padi sudah lama dikembangkan. Pertanian modern diarahkan pada alat pertanian modern yang dapat menggantikan tenaga kerja pertanian yang terbatas. Mesin pertanian modern tersebut harus dirakit sesuai dengan kebutuhan dan dapat dipakai di Indonesia.

Pertanian modern Indonesia yang akan kita bahas adalah alat pertanian modern untuk budidaya padi. Anda mungkin sudah pernah melihat kan? Atau pernah menggunakan mesin pertanian modern? Coba kita lihat satu persatu alat pertanian modern itu :

  1. Traktor

Traktor memiliki fungsi utama untuk mengolah tanah. Sebelum ada traktor, olah tanah dilakukan menggunakan cangkul. Pengolahan tanah sebelum menanam padi dengan traktor lebih efisien karena pengerjaannya lebih cepat dari pada di cangkul. Sekarang alat pertanian modern traktor sudah banyak seri dan macamnya dengan spesifikasi dan keunggulan yang berbeda. Traktor sudah banyak digunakan petani Indonesia.

Alat Pertanian Modern : Traktor

Alat Pertanian Modern : Traktor

  1. Pompa irigasi

Pompa irigasi merupakan salah satu alat pertanian modern. Pompa irigasi digunakan untuk mengalirkan air irigasi yang tidak dapat mengalir secara alami. Pompa air irigasi modern sudah banyak digunakan oleh petani untuk memenuhi kebutuhan air pada budidaya padi. Popmpa air juga sudah banyak model dan jenisnya, ada pompa tenaga surya, pompa listrik, pompa disel, pompa angin dll.

Alat Pertanian Modern : Pompa Air Irigasi

Alat Pertanian Modern : Pompa Air Irigasi

  1. Mesin Dapog

Dapog adalah persemaian padi dalam tray atau wadah khusus yang dikhususnkan untuk tanam menggunakan transplanter. Kini, telah dikembangkan alat pembuat dapog secara integral, dari tray di isi dengan tanah, penaburan benih secara merata, pemberia air hingga tumbuh sampai siap panen. Mesin pertanian modern ini termasuk baru di Indonesia.

Persemaian Dapog

Persemaian Dapog

  1. Transplanter

Transplanter khusus untuk menanam padi sudah dikembangkan di Indonesia. Pertama kali mengadopsi teknologi dari luar negeri, mesin transplanter berukuran besar untuk luasan yang besar. Sekarang, mesin pertanian modern transplanter sudah dikembangakan dengan ukuran kecil dan jarak tanam yang sudah disesuaikan dengan sistem tanam di Indonesia.

Alat Pertanian Modern : Transplanter

Alat Pertanian Modern : Transplanter

  1. Power weeder

Power weeder merupakan alat pertanian modern untuk membersihkan gulma dari pertanaman padi. dahulu, penyiangan atau pengendalian gulma tanaman padi dilakukan manual dengan tangan atau menggunakan alat gasrok. Power weeder memberikan pilihan alat modern untuk menggendalikan gulma.

Alat Pertanian Modern : Power Weeder

Alat Pertanian Modern : Power Weeder

  1. Threser

Threser merupakan salah satu mesin pertanian modern yang digunakan untuk merontokkan padi stelah panen. Alat ini dilengkapo dengan blower untuk membersihakan gabah dari gabah hampa, campuran atau kotoran. Threser sudah lama digunakan petani Indonesia menggantikan sistem panen di gebot.

Alat Pertanian Modern : Threser

Alat Pertanian Modern : Threser

  1. Harvester

Harvester alat pemanen padi ini merupakan pengembangan dari alat threser. Kombinasi threser dengan alat pemotong. Jadi dengan mesin pertanian modern harvester, padi dipotong kemudian lansung dirontokkan  untuk menghasilkan gabah padi. harvertser padi untuk Indonesia sudah dikembangkan sesuai untuk sawah Indonesia yang luas maupun sempit, ada mesin yang berukuran besar ada juga yang mini.

Alat Pertanian Modern : Harvester

Alat Pertanian Modern : Harvester

  1. Mesin pengering padi

Mesin pengerin adi atau bad drier sudah banyak digunakan oleh kelompok tani di Indonesia. Mesin ini memungkinkan mengeringkan padi pada musim hujan karena tidak menggunakan panas matahari sebagai sumber panas. Sumber panas dihasilkan dari pembakaran bisa dari kayu, arang, batu bara dll yang dialirkan menggunakan blower kipas dibawah tumpukan gabah. Sistem pemanasan pun sekarang sudah berkembang dengan beberapa modifikasi agar gabah tidak terbakar.

Alat Pertanian Modern : Bed Drier

Alat Pertanian Modern : Bed Drier

  1. RMU

Rice Milling Unit (RMU) merupakan mesin pertanian modern untuk menjadikan gabah menjadi beras. Mesin pertanian modern yang sudah banyak dikembangkan ini bisa menghasilkan beras berto-ton dalam satu jam. RMU banyak digunakan oleh pabrik-pabrik beras atau kelompok tani.

Alat Pertanian Modern : Rice Milling Unit

Alat Pertanian Modern : Rice Milling Unit

Comments

comments

tags:

Artikel terkait Alat Pertanian Modern Indonesia, Mantap!!!