Menu

Berbagai Cara Berkebun di Lahan Sempit, Intip Tipsnya

Berkebun memang sangat menyenangkan. Menanam berbagai macam sayuran hingga tanaman hias juga sering menjadi minat sebagian besar orang di masyarakat. Namun bagaimana jika lahan yang dimiliki hanya sempit? Cara berkebun di lahan sempit berikut dapat menjadi solusi bagi anda.

Cara Berkebun di Lahan Sempit

 

Dengan berkebun, maka hal-hal menyenangkan akan hadir dengan sendirinya. Terutama bagi anda para penduduk ibukota yang sering terserang rasa bosan akibat rutinitas sehari-hari. Jadi berkebun di lahan sempit ini bisa dijadikan sebagai rekreasi, bukan untuk mendapatkan produksi hasil tanaman.

Kemudian, berkebun juga dapat dikatakan menjadi kegiatan atau aktivitas oleh sebagian besar masyarakat di pedesaan. Lahan yang mencukupi dan juga kondisi tanah yang mendukung, maka akan sangat mudah melakukannya.

Akan tetapi, jangan bersedih. Bagi anda yang hanya memiliki lahan yang sempit atau tinggal di pemukiman padat, berkebun juga dapat anda lakukan. Bagaimana caranya? Simak tips berikut ini.

 

Tips Berkebun dengan Lahan yang Sempit

Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda pilih sebagai cara berkebun di lahan sempit yang anda miliki.

Hidroponik

Cara berkebun dengan hidroponik adalah sebuah metode yang menanam tanpa memakai media tanah. Caranya adalah lebih pada menekankan pemenuhan nutrisi tanaman dari media air.

Metode hidroponik juga dapat anda lakukan di lahan yang terbilang sempit sekalipun. Dengan media tanam berupa pot ataupun pipa. Cara berkebun ini lebih praktis dan juga memiliki kelebihan. Kelebihan tersebut adalah dapat diletakkan di luar atau di dalam ruangan.

Manfaatkan Toples Bekas

Rumah anda memiliki toples bekas yang tak terpakai? Daripada tak ada gunanya dan menjadi sarang nyamuk ataupun hanya buang begitu saja, kenapa tidak memanfaatkannya?. Dengan toples tersebut, anda dapat membuat jadi media tanam.

Sesuaikan ukuran toples dengan tanaman yang akan anda tanam. Misalkan tanaman seperti seledri atau rosemary.

Buat Kebun Vertikal

Lahan rumah anda yang sempit dapat dimanfaatkan dengan adanya kebun secara vertikal. Cara berkebun di lahan sempit ini dapat anda lakukan dan sangat cocok jika dikreasikan dengan berbagai tanaman yang bervariasi. Anda dapat menempelkannya pada dinding, papan, atau juga dapat pada pagar rumah.

Berkebun Sayuran Sekaligus Menjadi Penghias Ruangan

Siapa bilang tanaman hias hanya berasal dari bunga yang berwarna-warni? Tanaman seperti bumbu dapur juga dapat menjadi penghias rumah anda.

Anda dapat meletakkan pot kecil yang berisi tanaman kecil pada sudut-sudut ruangan atau di dekat jendela. Selain bermanfaat sebagai tanaman kebun, maka rumah anda juga akan terlihat asri.

Satu Pot Besar dengan Berbagai Macam Tanaman

Cara berkebun di lahan sempit ini cukup membantu anda untuk merawat tanaman. Jika anda adalah salah satu orang yang kerepotan untuk mengurus satu per satu pot tanaman, maka dengan menanam dalam satu pot besar dapat menjadi solusi.

Menanam di raised bed

Seperti halnya menaman dalam pot besar, cara berkebun dengan raised bed atau semacam bedengan ini berbentuk kotak dan bentuk ruang lainnya dengan penahan samping dari kayu, batu, atau beton. Raised bed yang berisi tanah, kompos dan bahan organik lainnya di atas tanah dapat ditanami bermacam tanaman seperti kangkung, sawi, tomat, teron, cabai dan lainnya.

Tabulampot

Menghadirkan tanaman buah di lahan sempit dengan tabulampot dapat menjadi pilhan. Ada tanaman buah, sayur dan hias di lahan sempit akan menambah asri kebun anda. Tetapi harus diperhatikan penataannya agar pertumbuhan tanaman tetap optimal.

Membuat Green House Mini

Pada dasarnya, menanam tanaman pada sebuah green house memiliki kegunaan dalam memanipulasi keadaan lingkungan. Hal tersebut dapat dilakukan supaya sesuai dengan karakter tumbuhan atau tanaman yang ada di dalamnya.

Green house ini dapat anda buat dengan cara yang sederhana. Caranya dengan menggunakan model rak kaca yang tembus terhadap cahaya.

Membuat Kebun Dalam Rak

Cara berkebun di lahan sempit berikut ini sangat solutif. Buatlah rak display yang bertingkat dengan kegunaan untuk meletakkan pot yang berisi tanaman. Jika anda meletakkannya di dalam rumah, maka perhatikan pencahayaannya. Hal tersebut dilakukan agar tanaman dapat melakukan fotosintesis.

Bagaimana anda tertarik mempraktekkan cara berkebun di lahan yang sempit? Selamat berkebun.

tags:

Artikel terkait Berbagai Cara Berkebun di Lahan Sempit, Intip Tipsnya