Menu

Cara Memilih Bibit Buah yang Baik dan Berkualitas Unggul

January 27, 2021 | Tanaman Buah, Teknik Pertanian

Ketika hendak menanam buah, banyak sekali hal-hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah cara memilih bibit buah itu sendiri. Mungkin bagi orang yang masih awam, hal ini cukuplah sulit untuk dilakukan. Karena pengetahuan perihal jenis-jenis bibit tanaman masih terbatas.

Kualitas bibit tanaman akan sangat menentukan keberhasilan dari penanaman buah tersebut. Buah yang memiliki kualitas tinggi, tentu akan memiliki nilai jual yang tinggi pula. Untuk yang akan dikonsumsi sendiri, buah berkualitas pasti rasanya akan jauh lebih enak. Untuk itulah, penting sekali memilih bibit buah yang tepat.

Cara Memilih Bibit Buah yang Baik

Bibit tanaman buah yang siap untuk ditanam dan berkualitas akan lebih banyak memiliki manfaat. Manfaatnya pun juga akan dirasakan setelah beberapa bulan atau beberapa tahun kedepan. Sehingga, kesalahan dalam memilih bibit ini akan mengakibatkan kerugian ekonomi dan juga kerugian tenaga dan waktu.

Dalam menentukan bibit buah yang tepat, kita bisa melihat dari segi daun, batang, akar, dan buahnya itu sendiri. Hal ini hanya butuh ketelitian daripada kita sendiri. Untuk lebih jelasnya, silakan simak baik-baik penjelasan di bawah ini.

Pada Bagian Daun

Cara memilih bibit buah pertama, yaitu anda bisa melihat warna dari daun tersebut. Bibit yang unggul memiliki daun yang berwarna hijau cerah atau pucuknya hijau ataupun merah muda. Walaupun sedang stagnan, daunnya akan tetap memiliki warna hijau tua yang indah mengkilap.

Selain itu, juga perhatikan ukuran daunnya. Akan tambak membesar atau justru mengecil, pastikan lebarnya sama. Lihatlah apakah ada bekas serangan hama, sehingga anda patut curiga jika ada daun yang keriting atau menggulung.

Pada Bagian Batang

Tahap ini, anda harus memperhatikan bekas sambungan bibit. Perhatikan apakah ada benjolan pada sambungan, jika ada berarti ada ketidakcocokan antara batang bawah dan atas. Selain itu, batang atas juga harus tegak mengarah ke atas. Jangan sampai ada yang bengkok atau menunduk ke bawah.

Jika anda menginginkan bibit dengan tinggi 1 meter keatas, pilihlah bibit yang sudah memiliki percabangan. Perhatikan juga apakah ada jamur yang menempel, biasanya berbentuk bulatan-bulatan putih. Jangan pilih bibit yang memiliki bekas sayatan ataupun bekas penggerek batang.

Inti dari cara memilih bibit buah ini adalah pilihlah batang lurus tegak, tidak melengkung, kulit batang cerah beralur, potongan cabang tidak dipaksakan, dan bentuk atas bawah proporsional. Untuk tanaman yang bercang, biasanya cabang akan tumbuh ke segala arah dengan merata. Pada pucuk tanaman serta ujung ranting juga akan tampak kuncup daun.

Pada Bagian Akar

Setelah itu, anda bisa memperhatikan bagian akarnya. Anda bisa mencoba untuk membongkar atau mengeduk sedikit. Bibit yang bagus biasanya memiliki akar serabut yang banyak. Selain itu, biasanya akar sudah sampai ke tepian atau sudah menembus polybag. Warna ujung dari ar tersebut akan tampak putih.

Pada Bagian Buah

Selain ketiga cara tersebut, anda bisa melihat dari buahnya. Jika bibit tanaman yang anda inginkan sudah berbuah, perhatikan apakah daunnya rontok ketika berbuah atau tidak. Tak hanya itu, kondisi buah yang tumbuh juga harus berukuran normal. Bentuknya juga harus sempurna, tidak berulat, dan tidak mengecil. Warna dari kulit buah tersebut juga cerah dan biasanya berminyak atau ada bubuk putihnya.

Demikian beberapa cara memilih bibit buah yang baik. Jangan sampai salah dalam memilih bibit tanaman buah. Karena tentunya akan lebih banyak keuntungan jika memilih bibit buah yang tepat. Begitu sebaliknya, banyak kerugian akan menghampiri anda jika salah memilihnya.

Artikel terkait Cara Memilih Bibit Buah yang Baik dan Berkualitas Unggul