Menu

Cara Menanam Bawang Merah di Lahan Gambut

October 28, 2016 | Tanaman Sayur

Bawang merah merupakan salah satu komoditas strategis. Bawang merah juga menjadi target swasembada pertanian Indonesia. Teknologi cara menanam bawang merah telah banyak diterapkan oleh petani untuk meningkatkan produksi bawang merah. Teknolgi budidaya bawang merah tersebut adalah menanam bawang merah off season, menanam bawang merah dari biji, menanam bawang merah di lahan gambut dan sebagainya. Target swasembada bukan tanpa alasan, bawang merah hampir pasti digunakan oleh keluarga Indonesia sebagai bumbu masak.

Cara Menanam Bawang Merah di Lahan Gambut

Cara Menanam Bawang Merah di Lahan Gambut

Peningkatan produksi bawang merah di lahan optimal melalui intensifikasi telah banyak dilakukan. Hasil produksinya pun sudah mencapai optimum. Strategi lain untuk meningkatkan produksi bawang merah nasional yaitu menanam bawang merah di lahan sub optimal. Lahan sub optimal yang potensial untuk menanam bawang merah adalah lahan gambut. Cara menanam bawang merah di lahan gambut terdapat beberapa kendala. Kendala utama yang dihadapi adalah kondisi lahan gambut memiliki kandungan bahan organik lebih dari 30% dan tebalnya mencapai 40-50 cm.

Untuk menaklukkan kendala untuk menanam bawang merah di lahan gambut dapat dilakukan

1. Memperbaiki tata air

Akar perakaran dapat kuat, sekeliling lahan perlu dibuatkan saluran drainase.

2. Pemberian amelioran

Pemberian amelioran berupa kapur dapat mengurangi tingkat kemasaman pH tanah gambut

3. Penambahan pupuk anorganik

Penambahan pupuk anorganik baik makro maupun mikro sangat diperlukan untuk mendukung pertumbuhan bawang merah. Begitu juga pupuk kandang dan kompos untuk mengurangi strutur tanah gambut yang fragile.

Beberapa varietas yang direkomendasikan untuk lahan gambut adalah varietas Sumenep, Bima dan Moujung. Cara menanam bawang merah di lahan gambut secara umum sama dengan cara menanam bawang merah di lahan optimal. Penanaman bibit dan pemeliharaan tidak jauh beda dengan lahan optimal. Hama penyakit bawang merah seperti ulat bawang, penyakit moler, trotol atau bercak ungu dan rebah pangkal daun juga dijumpai di lahan gambut.

Baca juga : 7 Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Busuk Buah Antraknos pada Tanaman Sayur

Upaya ekstensifikasi lahan gambut untuk menanam bawang merah diharapkan Indonesia dapat mencapai swasembada bawang merah. Diperlukan teknologi persiapan lahan gambut dan varietas yang adaptif di lahan gambut untuk mencapai swasembada bawang merah.

Comments

comments

Artikel terkait Cara Menanam Bawang Merah di Lahan Gambut