Menu

Cara Menanam Bawang Putih di Rumah, Dijamin Sukses Panen

February 8, 2021 | Tanaman Sayur

Menghemat pengeluaran biaya rumah tangga, bisa dilakukan dengan menanam bumbu-bumbu masakan sendiri. Salah satunya yaitu dengan menanam bawang putih di rumah. Ada beberapa cara menanam bawang putih di rumah. Pastinya semua cara tersebut tidak akan sulit dilakukan.

Cara Menanam Bawang Putih di Rumah

Bawang putih memiliki banyak manfaat, sehingga permintaan akan bawang putih semakin meningkat. Tak heran jika harga bawang putih semakin hari semakin meningkat. Sehingga akan lebih hemat dan lebih mudah pula jika anda menanamnya sendiri. Ketika anda perlu pun tak harus pergi jauh-jauh ke pasar, tinggal mengambil langsung di pot rumah.

Untuk cara menanamnya pun juga tidak terlalu sulit. Apabila anda ingin menanamnya di rumah, silakan ikuti beberapa caranya di bawah ini. Terdapat cara mulai dari tahap awal, hingga waktu panen.

1. Siapkan Lahan dan Peralatan

Pastinya pada tahap awal, anda perlu menyiapkan lahan dan alat-alat yang akan digunakan. Kabar baiknya, iklim di Indonesia cocok untuk ditumbuhi berbagai jenis tanaman. Bawang putih adalah salah satu dari tanaman tersebut.
Karena cara menanam bawang putih ini di rumah, cukup siapkan polybag atau pot. Namun jika anda memiliki pekarangan, anda bisa langsung menanamnya di tanah pekarangan tersebut. Lahan kecil sekalipun bisa anda gunakan untuk menanam bawang putih ini. Perlu anda tahu bahwa bawang putih menyukai tanah yang memiliki tekstur lempung berpasir dan struktur tanah gembur dengan pH 5,5-7.

2. Siapkan Bibit Bawang Putih

Anda bisa menggunakan satu bonggol bawang putih sebagai bibit, anda bisa menemukannya di pasar. Namun akan lebih baik jika anda membeli bibit bawang putih di toko tanaman yang menjual bawang putih bervariasi. Jangan lupa untuk memilih bibit bawang putih yang bagus dan berkualitas unggul. Agar hasil panen anda nanti akan lebih baik dan melimpah ruah.

3. Melakukan Penanaman

Disarankan menanam bawang putih dengan jarak 4 inci dengan kedalaman 2 inci. Tanam bawang putih dengan bagian akar yang menghadap ke bawah dan bagian runcing menghadap ke atas. Lalu tutuplah bibit dengan tanah dan beri pupuk yang terbaik sambil ditepuk secara perlahan.

Berdasarkan musim di Indonesia, anda bisa melakukan penanaman saat musim semi. Anda bisa menerapkan cara menanam bawang putih ini, kira-kira pada bulan Februari atau Maret.

4. Melakukan Perawatan

Selain melakukan penanaman, tentunya anda juga harus melakukan perawatan terhadap tanaman tersebut. Cukupilah kebutuhan air dengan periode setiap 3 sampai 4 hari tergantung cuaca saat itu.
Apabila tanaman anda tersebut sudah muncul akar bunga, jangan lupa untuk memotongnya. Hal ini akan membuat umbi bawang putih tumbuh lebih besar. Pemberian pupuk juga tidak boleh terlewat. Anda bisa menggunakan pupuk organik maupun non organik. Jangan lupa untuk melakukan pembasmian gulma karena bisa menghambat pertumbuhan.

5. Saatnya Panen

Sebelumnya anda harus memahami tanaman bawang putih yang sudah siap panen. Rata-rata waktu yang dibutuhkan sampai tanaman siap panen sekitar 90 sampai 120 hari. Tandanya, biasanya akan ada daun yang menguning atau mulai mati. Cara memanennya dengan mencabut tanaman menggunakan tangan. Setelah itu, ikat sebanyak 20-30 rumpun perikat, lalu jemur batangnya hingga kering selama 15 hari.

Itulah cara menanam bawang putih yang tepat agar panen anda bisa sukses. Jangan sampai telat memanen juga, karena bisa mengkerut dan rasa tidak enak. Sekarang bawang putih berkualitas bisa anda olah untuk masakan lebih lezat atau juga bisa anda jual.

Artikel terkait Cara Menanam Bawang Putih di Rumah, Dijamin Sukses Panen