Menu

Cara Menanam Bunga Matahari di Lahan Sempit

November 22, 2016 | Tanaman Hias

Cara menanam bunga matahari banyak dipelajari karena bunga matahari termasuk bunga eksotis. Bunga matahari (Helianthus annuus L.) adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang populer, baik sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak. Bunga tumbuhan ini sangat khas: besar, biasanya berwarna kuning terang, dengan kepala bunga yang besar (diameter bisa mencapai 30 cm). Bunga ini sebetulnya adalah bunga majemuk, tersusun dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada satu bongkol. Bunga Matahari juga memiliki perilaku khas, yaitu bunganya selalu menghadap / condong ke arah matahari atau heliotropisme (wikipedia).

Cara Menanam Bunga Mtahari di Lahan Sempit

Cara Menanam Bunga Mtahari di Lahan Sempit

Bunga Matahari dapat ditanam di halaman rumah sebagai bunga hias untuk mempercantik halaman rumah. Bunga matahari juga dapat ditanam di lahan sempit/didalam pot. Cara menanam bunga matahari di lahan sempit dalam pot jauh lebih praktis dikarenakan tidak ada proses pengolahan lahan atau tanah. Keuntungan lainnya dari cara menanam bunga matahari di lahan sempit dalam pot adalah Anda dapat sesuka hati memindah pot bunga tersebut sesuai keinginan. Namun perlu diperhatikan sebaiknya menempatkan lokasi pot bunga agar tetap terkena sinar matahari, karena bunga matahari arah pertumbuhannya selalu menuju dari arah mana sinar matahari mengenainya. Nanti akan kita bahas cara menanam bunga matahari di lahan sempit agar pertumbuhannya tetap bisa maksimal.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Mawar Agar Rajin Berbunga

Sebelum kita bahas cara menanam bunga matahari di lahan sempit, kita bahas dulu pedoman umum cara menanam bunga matahari :

  1. Siapkan benih / biji bunga matahari

Beberapa varietas antara lain Texas Lemon, Mammoth, Autumn Beauty, Sunbeam, Teddy bear, Velvet Queen dan Sungold Mix, Sunflower Evening Sun, dll. Benih bunga matahari banyak dijual di toko pertanian, ada juga dijual di toko online.

  1. Semai biji bunga matahari

Cara menyemai benih bunga matahari yaitu benih dibenamkan dalam tray persemaian dengan media campuran tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1. Siramilah dengan rutin persemaian tersebut dan tempatkan di lokasi yang terkena sinar matahari langsung. Benih akan mulai berkecambah umumnya hingga berusia 10 hari, siapkan media tanam di dalam pot dengan campuran pupuk kandang, pasir, dan tanah dengan perbandingan 1 : 2 : 3.

  1. Transplanting bibit bunga matahari

Bibit bunga matahari yang sudah mulai tumbuh tunas berukuran 15-20 cm di pindah tanama di media pot yang sudah dipersiapkan, kemudian tutup kembali dengan tanah sebatas pangkal batang bibit tersebut.

  1. Pemeliharaan

Siramilah dengan rutin setiap pagi dan sore hari, penyiraman rutin adalah salah satu kunci berhasilnya cara menanam bunga matahari, karena bunga matahari memang membutuhkan pasokan air yang banyak. Taruhlah pot bunga di tempat yang terkena sinar matahari langsung selama kurang lebih 6 hingga 7 jam per hari untuk menjaga kebutuhan tanaman akan sinar matahari.

  1. Panen bunga matahari.

Setelah berusia 2-3 bulan, bunga mtahari sudah mulai muncul kuncup bunga, dan kuncup tersebut akan mulai mekar 1–2 hari setelah kuncup muncul. Untuk mendapatkan bunga matahari yang besar, pertahankan bunga mtahari di batang utama dan 1-2 bunga yang muncul dari ketiak daun.

Panen bunga matahari dapat dilakukan dengan memotong tangkai bunga menggunakan pisau atau gunting. Bunga yang dipotong harus yang sudah tua, yang ditandai dengan mulai berubah warna ke kecoklatan atau mulai mengering. Simpanlah bunga matahari yang telah dipanen secara terbalik agar bunga cepat mengering.Setelah kelopak bunga matahari sudah kering, pisahkan biji bunga matahari dengan cara membuka-buka kelopak bunga atau dengan cara memukul secara perlahan-lahan, biji bunga matahari akan jatuh dengan sendirinya dan dapat dijadikan benih untuk ditanam kembali.

Cara menanam bunga matahari di lahan sempit

Tanaman bunga matahari dapat tumbuh optimal dan menghasilkan bunga matahari yang besar dan cantik jika mendapatkan sinar matahari kurang lebih 6-7 jam per hari. Kalau lahan yang digunakan untuk menanam bunga matahari adalah lahan sempit dan sinar matahari terhalang, maka perlu dilakukan trik khusus cara menanam bunga matahari di lahan sempit agar bunga matahari tetap tumbuh optimal

  1. Pilih lokasi menanam bunga matahari yang mendapatkan peluang terkena sinar matahari secara penuh.
  2. Manipulasi lokasi penanaman bunga matahari agar tetap terang, dengan cara memantulkan sinar matahari dengan bahan seperti alumuniumfoil dll
  3. Manipulasi sinar matahari dengan diganti dengan sinar lampu TL
  4. Pindahkan pot tanaman bunga matahari di bawah sinar matahari pada saat pertumbuhan bunga di siang hari, dan pindahkan lagi ditempat Anda ingin menikmati keindahan bunga matahari di sore hari.

Comments

comments

Artikel terkait Cara Menanam Bunga Matahari di Lahan Sempit