Menu

Cara Menanam Bunga Mawar di Pot

September 27, 2016 | Tanaman Hias

Cara menanam bunga mawar biasa dilakukan di pot sebagai tanaman hias. Bunga mawar juga biasa ditanam secara massal untuk dipanen sebagai bunga petik. Tanaman Bunga Mawar merupakan tanaman bunga hias berupa herba dengan batang berduri. Mawar merah yang dikenal nama bunga ros atau “Ratu Bunga” merupakan simbol atau lambang kehidupan religi dalam peradaban manusia. Bunga mawar berasal dari dataran Cina, Timur Tengah dan Eropa Timur. Dalam perkembangannya bunga mawar merah menyebar luas di daerah-daerah beriklim dingin (sub-tropis) dan panas (tropis).

Cara Menanam Bunga Mawar

Cara Menanam Bunga Mawar

Di Indonesia berkembang aneka jenis mawar hibrida yang berasal dari Holand (Belanda). Bunga Mawar yang banyak peminatnya adalah tipe Hybrid Tea dan Medium, memiliki variasi warna bunga cukup banyak, mulai putih sampai merah padam dan dengan menerapkan cara menanam bunga mawar yang baik tingkat produktivitas tinggi: 120-280 kuntum bunga/m2 /tahun.

Varietas-varietas bunga mawar hibrida (Hybrid Tea) yang telah ditanam di Indonesia adalah: Coctail, Diplomat, Idole, Jacaranda, Laminuette, Osiana, Pareo, Samorai, Sonate de Meilland, Sonia, Sweet Sonia, Tineke, Vivaldi, White Success dan Yonina. Sedangkan mawar tipe Medium antara lain adalah Golden Times, Jaguar, Sissel, Laser, dan Kiss. Kelebihan varietas mawar hibrida adalah tahan lama dan warna-warninya menarik. Mawar tipe Hybrid Tea bertangkai bunga 80-120 cm, tipe Medium 40-60 cm. Beberapa varietas bunga mawar introduksi yang dianjurkan didataran rendah: Cemelot, Frad Winds, Mr. Lincoln, dan Golden Lustee sebagai mawar bunga potong. Sedangkan varietas Folk Song, Khatherina Zeimet, Woborn Abbey dan Cimacan Salem untuk tanaman taman.

Baca juga: Cara Menanam Bunga Matahari yang Sangat Cantik

Gambar Bunga Mawar

Gambar Bunga Mawar

Cara Menanam Bunga Mawar Merah

1. Pilih Pot yang Sesuai

Cara menanam bunga mawar dapat dilakukan pada pot tembikar, poselen, tanah liat, semen cor atau pot plastik. Perlu diperhatikan dalam pemilihan pot harus memiliki lubang untuk sirkulasi udara.

2. Media Tanam

Penanaman bunga mawar dapat dilakukan secara langsung pada tanah secara permanen di kebun atau di dalam pot. Tanaman mawar merah cocok pada tanah liat berpasir (kandungan liat 20-30 %), subur, gembur, banyak bahan organik, aerasi dan drainase baik. Untuk media tanam bunga mawar dalam pot, pot diisi dengan campuran tanah, pasir dan kompos dengan perbandingan 1: 1 :1. Tambahkan juga pecahan bata di dasar pot agar kelebihan air dapat keluar dari blubang di dasar pot dan untuk menjaga drainase dan kelembaban media.

3. Bibit Bunga Mawar

Bibit bunga mawar sebaiknya menggunakan tanaman yang sudah siap tanam atau menggunakan hasil stek bunga mawar. Cara menanam bunga mawar yaitu dengan menancapkan tanaman bunga mawar pada media tanam, kemudia tambahkan media tanam disekeliling batang dan kemudian tekan atau padatkan tanah disekitar batang agar kuat tidak gampang roboh.

4. Penyiraman

Cara menanam mawar agar cepat tumbuh subur adalah dengan menyiram secara rutin tanaman bunga mawar. Tempatkan pot bunga mawar pada tempat yang terbuka agar tanaman bunga mawar dapat memperoleh cahaya matahari secara maksimal. Untuk menghindari busuk akar pada tanaman bunga mawar, pada saat penyiraman dicampur dengan larutan asam bensoat.

5. Pemupukan

Pemupukan merupakan kebutuhan pokok dalam cara menanam bunga mawar. Pemupukan bunga mawar yang dianjurkan yaitu dengan pupuk NPK sebanyak 5 gram/tanaman.

6. Panen bunga mawar

Jika tujuan cara menanam bunga mawar adalah untuk bunga poton atau bunga tabur. Panen dapat dilakukan pada pagi atau sore hari. Ciri bunga yang siap dipetik untuk bunga potong yaitu bunga belum mekar penuh dan berukuran maksimal.

Mawar Merah

Mawar Merah

Comments

comments

Artikel terkait Cara Menanam Bunga Mawar di Pot