Menu

Cara Menanam Kangkung Sangat Mudah, Ini Caranya

October 26, 2016 | Tanaman Sayur

Cara menanam kangkung sangat mudah. Tanaman kangkung termasuk salah satu sayuran yang mudah di tanam. Sayur kangkung bukan sayur asli dari Indonesia, namun berbagai resep sayur kangkung tradisional memang sudah populer di berbagai daerah di Indonesia, seperti ca kangkung, tumis kangkung, plecing kangkung, rujak kangkung dan sebagainya. Anda termasuk penggemar kangkung? Coba cara menanam kangkung dirumah Anda.

Cara Menanam Kangkung

Cara Menanam Kangkung

Kangkung darat (Ipomea reptans).

Sebelum mengetahui cara menanam kangkung, ada baiknya Anda mengetahui morfologi tanaman kangkung. Tanaman kangkung darat hanya bisa tumbuh di lahan kering. Ciri-cirinya adalah batangnya kecil dan berwarna putih kehijauan, daunnya tipis dan lunak, bila dimasak lebih cepat layu/matang, dan memiliki bunga yang berwarna putih bersih.

Cara Menanam Kangkung

Persiapan Lahan

Sebelum menanam kangkung, siapkan tanah yang gembur. Anda bisa mencampur tanah, pasir dan kompos dengan perbandingan 1 : 1 :.1.

Pilih Pot yang Sesuai

Pot untuk tempat menanam kangkung bisa Anda pilih sesuai selera. Bisa menggunakan bahan bekas minuman dan semacamnya untuk dijadikan pot. Selain pot juga bisa menggunakan polybag

Menanam Kangkung

Tanam biji kangkung dengan membenamkan biji kangkung pada media tanah. Biji kangkung dapat Anda dapatkan di toko pertanian. Tanaman kangkun akan tumbuh tunas pada umur kurang lebih 7 hari.

Baca juga : Tips Cara Menanam Tanaman Hidroponik Sayur di Rumah

Pemupukan

Pemupukan tanaman kangkung dengan urea setelah benih ditanam pada umur 7 hari dan 15 hari. Kalau media menggunakan kompos tidak perlu diberi pupuk urea.

Pemeliharaan

Cara menanam kangkung yang perlu diperhatikan adalah pemeliharaan. Pemeliharaan tanaman kangkung cukup dengan menyiram secara rutin pada pagi dan sore. Apabila tumbuh rumput disekitar tanaman kangkung, cabut dan buang.

Panen

Umur panen tanaman kangkung mulai 22 hari sampai 35 hari. Panen tanaman kangkung dapat dilakukan dengan cara dipotong atau dicabut.

Pasca Panen

Pasca panen untuk menjaga kesegaran sayur kangkung, yaitu dengan cara menempatkan kangkung yang baru dipanen di tempat yang teduh atau merendam bagian pangkal dalam air.

Demikian cara menanam kangkung di rumah. Dengan menanam kangkung di rumah, Anda sudah berperan dalam pemenuhan kebutuhan sayuran sehat untuk keluarga.

Comments

comments

tags:

Artikel terkait Cara Menanam Kangkung Sangat Mudah, Ini Caranya