Menu

Cara Menanam Lidah Mertua dan Manfaatnya dalam Ruangan

April 4, 2018 | Tanaman Hias

Lidah mertua atau sanseviera merupakan tanaman hias daun. Daunnya khas berwarna hijau dengan garis pinggir putih dan kuning dapat mempercantik ruangan Anda. Morfologi tanaman yang berbentuk daun tegak dengan pertumbuhan yang lambat, memudahkan dalam perawatan dalam ruangan. Selain itu, lidah mertua termasuk tanaman xerofit yang dapat tumbuh pada tanah kering dan tandus sehingga tidak perlu penyiraman sering. Lidah mertua juga dapat tumbuh baik dengan kondisi minim sinar matahari.

cara menanam lidah mertua

lidah mertua

Berikut cara menanam lidah mertua untuk dijadikan tanaman hias dalam ruangan

  1. Bibit

Ambil tunas lidah mertua yang tumbuh dari tanaman dewasa. Potong pada akar rimpang dengan pisau tajam tanpa merusak tunas. Atau dengan cara penyetekan dari daun lidah mertua tus. Caranya yaitu mengiris daun yang sudah dewasa dan menancapkan ke tanah sampai tumbuh akar dan tunas baru.

2. Media tanam

Siapkan tanah subur, bisa campuran kompos, tanah dan pasir dengan lengas tanah tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering. Masukkan media tanam tersebut pada pot atau wadah sesuai selera.

3. Penanaman

Tanam bibit lidah mertua yang sudah disipakan pada media tanam. Bersihkan pot dari tanah yang dianggap mengotori.

4. Perawatan

Penyiraman secukupnya,  jangan terlalu banyak untuk menghindari pembusukan akar. Letakkan pot berada dekat dengan jendela. Kalaupun tidak dekat jendela, sesekali keluarkan dari ruangan agar mendapat sinar matahari, tanaman tetap segar dan bebas penyakit jamur. Kalau tanaman lidah mertua sudah membesar, ganti pot dengan yang lebih besar. Atau buamg sebagian tunas dengan tetap memperhatikan penampilan tanaman. Manfaat  lidah mertua Selain mempercantik ruangan, lidah mertua juga bermanfaat dalam mengurangi polusi dalam ruangan. Lidah mertua mempunyai banyak kandungan klorofil sehingga mempermudah fotosintesis. Sehingga produksi O2 lebih banyak dan terjadi sepanjang hari. Lidah mertua juga dapat menyerap ratusan polutan berbahaya, seperti karbondioksida. Tanaman ini juga dapat menyerap radiasi dari barang-barang elektronik. Di beberapa negara, lidah mertua dimanfaatkan untuk menghalau polusi dan radiasi. Jadi, kalau ada ruangan kosong dalam ruangan kantor atau di rumah, bisa dicoba letakkan tanaman lidah mertua dan rasakan manfaatnya.

Comments

comments

Artikel terkait Cara Menanam Lidah Mertua dan Manfaatnya dalam Ruangan