Menu

Inilah Cara Menanam Rumput Gajah Mini, Cocok untuk Taman Minimalis Anda

October 11, 2016 | Tanaman Hias

Mempunyai taman minimalis mungkin jadi keiinginan Anda saat ini. Taman dapat menghadirkan suasan nyaman bagi para penghuni rumah. Walaupun hanya ada lahan sempit, bisa Anda manfaatkan untuk taman minimalis. Taman minimalis bisa terlihat indah dan cantik jika diawali dengan menata lanskap taman dengan baik. Salah satu tanaman wajib bagi taman minimalis Anda yaitu rumput gajah mini. Rumput gajah  berfungsi untuk penutup tanah agar terlihat hijau asri.

Rumput Gajah Mini 3 Hari Setelah Tanam

Rumput Gajah Mini 3 Hari Setelah Tanam

Cara Menanam Rumput Gajah Mini itu Mudah!

Rumput gajah mini merupakan jenis rumput yang paling banyak dijumpai pada konsep taman minimalis. Rumput lainnya yang bisa jadi pilihan adalah rumput jepang, rumput manila, rumput zoysia dan lainnya. Cara menanam rumput ini sangat mudah karena rumput gajah mini termasuk rumput yang mudah tumbuh.

Anda ingin menanam rumput gajah mini? Tetapi Anda belum tahu cara menanamnya? Anda dapat menanyakan cara menanam rumput gajah mini pada tukang taman minimalis saat Anda membeli. Atau Anda juga bisa mengikuti langkah-langkah cara menanam rumput gajah mini yang sudah saya praktekkan di taman minimalis rumah saya. Cara menanam rumput gajah mini yang sudah saya praktekkan ini sudah terbukti praktis dan mudah. Rumput di taman minimalis saya sekarang sudah tumbuh hijau. Berikut cara menanam rumput gajah mini yang bisa Anda praktekkan.

  1. Gemburkan tanah terlebih dahulu. Caranya dengan mencangkul tanah bagian atas dengan kedalaman 5-10 cm. Sesuaikan luasnya sesuai design taman minimalis Anda.
  2. Campurkan pupuk kandang atau kompos pada tanah yang dicangkul tadi. Caranya dengan menabur pupuk kandang atau kompos secara merata pada tanah, kemudian ratakan dengan mengaduk tanah sampai tercampur dengan pupuk kandang.
  3. Ratakan tanah yang sudah diberi pupuk kandang dengan menggunakan kayu papan. Anda juga bisa membuat pola gundukan tanah atau gelombang sesuai design taman minimalis yang diinginkan.
  4. Siram tanah sampai basah agar waktu menanam rumput gajah mini akarnya dapat menempel pada tanah.
  5. Beli bibit rumput gajah mini di tukang taman minimalis di daerah Anda. Harganya berkisar antara 25-30 ribu per meternya.
  6. Cara menanam rumput gajah mini yaitu dengan memecah bibit rumput gajah mini yang biasanya berbetuk kotak—kotak besar, dipecah menjadi bagian kecil-kecil dengan ukuran 5 sampai 10 cm. Ukuran ini bisa Anda sesuaikan dengan luasan taman minimalis Anda, agar kebutuhan bibit dapat diperkirakan.
  7. Selanjutnya, rumput yang sudah disiapkan tadi ditanam dengan cara membuat lubang tanam kecil dan benamkan bagian akarnya kedalam tanah dengan sedikit ditekan agar agar dapat merekat dengan tanah.
  8. Lakukan penanaman tersebut dengan pola zig zag agar pertumbuhan maksimal dengan jarak 5 sampaii 10 cm sampai lahan taman minimalis Anda tertanami semua.
  9. Anda dapat menambahkan tanah dan pupuk kandang di sela-sela tanaman agar akar dapat tertimbun tanah dengan sempurna.
  10. Padatkan kembali tanah dengan cara memukul-mukul tanah dan rumput gajah mini. Cara ini juga untuk merekatkan akar rumput pada tanah.
  11. Cara menanam rumput gajah mini selanjutnya adalah dengan menyiram kembali tanah yang sudah ditanami.

Begitulah cara menanam rumput gajah mini. Anda sekarang tinggal menunggu rumput Anda tumbuh subur, berkembang sampai tanah tertutupi semua. Taman minimalis Anda akan terlihat asri dan cantik dengan penutup tanah rumput gajah mini. Lakukan perawatan sederhana agar taman minimalis Anda tetap terlihat cantik.

Cara merawat rumput gajah mini di taman minimalis

  1. Lakukan penyiraman secara teratur, peniraman bisa dilakukan pada pagi dan sore hari
  2. Bersihkan rumput liar disekitar tanaman.
  3. Beri tambahan pupuk kandang secara berkala atau disesuaikan dengan kondisi rumput. Pemberian pupuk jika rumput terlihat menguning tidak subur.
  4. Pada rumput yang terlihat jarang jarak tanamnya, lakukan penyulaman dan penanaman kembali mengikuti cara di atas.

Begitulah cara menanam rumput gajah mini yang mudah dan sederhana. Lakukan perwatan taman minimalis Anda secara teratur, agar taman minimalis Anda terlihat cantik sesuai keinginan Anda sekeluarga.

Comments

comments

Artikel terkait Inilah Cara Menanam Rumput Gajah Mini, Cocok untuk Taman Minimalis Anda