Menu

Cara Menanam Seledri dari Batang

January 23, 2017 | Tanaman Sayur

Anda ingin mempunyai tanaman seledri di rumah tapi tidak punya bibit seledri? Jangan khawatir, berikut dibahas cara menanam seledri dari batang yang dibeli dari pasar. Cara menanam seledri sangat mudah, Anda hanya perlu membeli seledri di pasar yang masih ada bonggolnya yang berakar. Cara menanam seledri, sebagai berikut:

  1. Pilih bibit seledri

Tanaman seledri dapat ditanam secara generatif(dari biji) atau secara vegetatif (dari anakan). Kali ini kita akan membahas tentang cara menanam seledri dari pasar dengan memanfaatkan anakan yang masih muda. Caranya yaitu dengan membeli tanaman seledri yang dipanen secara cabut dan mengikutkan bonggol dan akarnya. Sayur seperti ini banyak dijumpai di pasar tradisional.

  1. Bersihkan

Bersihkan bonggol tanaman seledri yang masih kotor dengan tanah. Kemudian potong batang-batang yang sudah tua. Tunas-tunas yang masih muda di antara anakan atau batang tua dibiarkan saja. Tunas muda ini yang nanti akan tumbuh kembali. Usahakan akarnya tidak rusak dan patah.

Cara Menanam Seledri dari Akar

Cara Menanam Seledri dari Batang

  1. Tanam

Cara menanam seledri dari batang ini dapat dilakukan secara hidroponik. Caranya dengan menempatkan ujung pangkal bonggol seledri beserta akarnya di dalam air. Cara ini bisa dilakukan dengan menusukkan tusuk gigi di empat penjuru, kemudian tempatkan tanaman seledri di mult botol yang diberi air. Pastikan pangkal batang tercelup air, agar bisa tumbuh kembali akar. Akar ini nanti yang akan menyerap air dan menumbuhkan tunas dan daun seledri. Air bisa ditambahkan nutrisi atau pupuk yang dibutuhkan tanaman.

  1. Pindah tanam

Setelah daun seledri baru tumbuh, anakan baru, dan akar baru muncul, tanaman seledri bisa dipindahkan ke media tanah atau dapat juga tetap dipelihara secara hidroponik. Untuk pindah tanam ke media tanah, cukup dengan membenamkan bagian akar dalam tanah yang subur. Pemeliharaanya dengan penyiraman secara rutin, pemupukan dan pengendalian hama penyakit yang menyerang. Untuk penanaman secara hidroponik, air perlu ditambhkan nutrisi untuk mendukung pertumbuhan tanaman.

  1. Panen

Panen dapat dilakukan dengan memotong anakan yang mempunyai daun yang sudah berkembang sempurna. Panen skala rumah tangga dilakukan sesuai kebutuhan.

Demikian cara menanam seledri dari batang, hasil bibit dari pasar, cocok untuk ibu rumah tangga yang hobi menanam. Cara menanam seledri ini bisa dikreasikan dengan bahan dan alat yang ada di rumah. Dengan mempunyai tanaman seledri di rumah, sewaktu-waktu membutuhkan seledri dapat memetik sendiri sesuai kebuthan. Mengasyikkan.

Lihat Video Tutorialnya

Comments

comments

tags:

Artikel terkait Cara Menanam Seledri dari Batang