Menu

Cara Menanam Tanaman Hidroponik di Rumah

September 26, 2016 | Tanaman Sayur

Cara menanam tanaman hidroponik berbeda dengan cara menanam tanaman di tanah. Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Tanaman hiroponik yang dapat ditanam adalah hidroponik kangkung, hidroponik sawi, hidroponik tomat dan lain-lain.

Cara Menanam Tanaman Hidroponik

Cara Menanam Tanaman Hidroponik

Cara menanam tanaman hidroponik dapat dilakukan dengan tiga sistem:

1. Sistem Hidroponik “Irigasi Tetes”.

Cara menanam tanaman hidroponik sistem irigasi tetes memanfaatkan kerikil, arang sekam padi, cocopeat, pasir, dan bahan lain yang sudah disterilkan sebagai media tanamnya. Air yang mengandung nutrisi akan menetes sedikit demi sedikit ke dalam media tanam. Tanaman yang dapat menggunakan sistem irigasi tetes adalah tanaman sayuran buah. Kelebihan sistem irigasi tetes adalah emat air, air yang diberikan merata setiap tanaman dan mudah dalam penyiraman. Kekurangannya oksigen dalam area perakaran sedikit apabila media terlalu padat.

2. Sistem Hidroponik “Wick system”.

Cara menanam tanaman hidroponik bisa juga dilakukan dengan sistem wick, tanaman  di tanam disebuah media yang pada bagian dasarnya diletakkan larutan hara makro dan mikro, sehingga akar tanaman menyentuh dan menyerap larutan yang penuh nutrisi itu. Air yang mengandung nutrisi ditarik keatas dengan sumbu seperti prinsip daya kapilaritas air. Sistem wick atau sistem sumbu merupakan sistem hidroponik yang paling sederhana. Media yang dapat digunakan yaitu rockwool atau arang sekam. Kelebihan sistem hidroponik ini adalah mudah, murah dan disukai oleh pemula di rumah. Yang perlu diperhatikan adalah harus mudah terserap dan oksigen tersirkulasi.

3. Sistem Hidroponik “Nutrient film tehnique”.

Sistem hidroponik lainnya yang bisa untuk menanam tanaman hidroponik adalah NFT (Nutrient film tehnique). Pada sistem ini, tanaman di tanam diselokan panjang dan sempit yang bahannya bisa terbuat dari plastik atau logam anti karat. Selokan itu dialiri oleh air yang penuh nutrisi hara, sehingga disekitar akar tanaman muncul lapisan tipis (film) yang merupakan makanan tanaman itu. Sistem ini memiliki oksigen terlarut yang tinggi dan nutrisi diberikan secara terus menerus. Otomatis tanaman menyerap hara lebih banyak dan mudah. Yang perlu diperhatikan dalam NFT adalah kemiringan, tempat penyimpanan air dan perawatan NFT. Sistem NFT sangat cocok digunakan untuk produksi sayuran.

Dari ketiga sistem hidroponik di atas, sistem wick adalah cara yang paling mudah dilakukan oleh pemula di rumah. Sistem ini tidak memerlukan peralatan yang rumit karena cara membuat tanaman hidroponik dilakukan dengan mengalirkan nutrisi melalui sumbu. Cara ini sangat sederhana dan sesuai untuk dilakukan di rumah dalam skala kecil.

Cara Menanam Tanaman Hidroponik

Persiapan Media Hidroponik

Media tanam hidroponik yang bisa digunakan untuk adalah arang, sekam, spons, rock wool hingga pecahan batu bata. Media tanam dari batu kerikil pasir malang juga dapat digunakan untuk tanaman hidroponik ini.

Hal hal yang haru diperhatikan dalam pemilihan media tanaman hodroponik adalah dapat menopang tanaman hidroponik dengan baik, memiliki ukuran pori yang cukup, tidak menyumbat sistem, tidak berpengaruh ke larutan nutrisi, mudah didapat apabila mungkin dapat di produksi sendiri.

Persiapan Nutrisi Hidroponik

Sebelum menanam tanaman hidroponik, siapkan nutrisi yang diperlukan. Untuk membuat larutan nutrisi, diperlukan Urea sebanyak 1000 gram, KCL juga sebanyak 1000 gram, pupuk NPK sebanyak 100 gram dan pupuk daun atau gandasil sebanyak 50 gram. Semua pupuk ini akan dilarutkan sebagai sumber nutrisi tanaman. Ketersediaan nutrisi ini akan menjamin pertumbuhan tanaman hidroponik. Nutrisi hidroponik juga tersedia di toko pertanian dan siap pakai.

Hidroponik Wick System

Hidroponik juga merupakan kreatifitas seni. Wadah yang dapat digunakan untuk menanam tanaman hidroponik sistem wick dapat dikreasikan menggunakan botol mineral bekas, talang plastik, paralon, baskom, ember dan sebagainya. Prinsipnya nutrisi dalam wadah dapat diserap tanaman hidroponik melalui sumbu.

Hidroponik Sistem Wick

Hidroponik Sistem Wick

Comments

comments

Artikel terkait Cara Menanam Tanaman Hidroponik di Rumah