Menu

Cara Menanam Tebu Juring Ganda

September 18, 2016 | Tanaman Perkebunan

Cara menanam tebu juring ganda terbukti ampuh meningkatkan produksi hingga 90 ton per hektar. Hal tersebut jauh berbeda dengan budidaya tanaman tebu sistem juring tunggal yang biasa diterapkan petani yang hanya menghasilkan 50 ton per hektar. Dengan menerapkan sistem tanam juring ganda, kenaikan produksinya sangat signifikan, bisa mencapai 80 persen. Selain produksinya meningkat, sistem budidaya tebu juring ganda juga sangat tepat untuk tanah kering tadah hujan.

budidaya tanaman tebu

Budidaya Tanaman Tebu

Tanaman Tebu

Tanaman tebu ((Saccharum officinarum) termasuk tanaman jenis rumput-rumputan yang dapat dimanfaatkan air dari batangnya, sebagai bahan baku pembuatan gula dan vetsin. Kebutuhan gula yang tinggi sebagai bahan pemanis mendorong peningkatan produksi tebu untuk memenuhi kebutuhan gula. Peningkatan produksi tanaman tebu dapat dilakukan dengan cara budidaya tanaman tebu yang baik dan benar, manipulasi populasi tanaman dengan sistem juring ganda, perluasan areal tanam dan penggunaan varietas yang produksi dan rendemennya tinggi.

Tanaman tebu baik ditanam didaerah yang panas tropis seperti Indonesia. Tanaman tebu baik ditanam pada ketinggian 0-600 m dpl, pada ketinggian di atas 600 tanaman tebu dapat tembuh tetapi tidak optimal. Budidaya tanaman tebu dapat dilakukan pada tanah alluvial, grumusol, latosol dan regusol. Tanaman tebu termasuk tanaman tahunan yang bisa di panen pada umur < 12 bulan (varietas genjah/umur pendek), 12-14 bulan (varietas umur sedang) dan > 14 bulan (varietas umur dalam).

Peningkatan Populasi per Satuan Lahan

Cara menanam tebu sistem juring ganda prinsipnya sama dengan cara menanam padi sistem jajar legowo, yaitu mengatur jarak tanam agar dapat memanfaatkan cahaya matahari secara maksimal. Dengan budidaya tanaman tebu sistem juring ganda populasi tanaman tebu per satuan lahan dapat ditingkatkan antara 20 sampai 40 persen tergantung kondisi lahan dan agroklimat setempat. Penerapan cara menanam tebu juring ganda PKP 50/170 dengan aplikasi benih ganda (double planting) mampu meningkatkan populasi tanaman 2,36 kali lipat dari sistem tanam juring tunggal. Sistem tersebut juga menambah luas areal tanam yang kosong seluas 50% selama 4 bulan pertama pertumbuhan tanaman tebu. Areal tanam yang kosong tersebut dapat dipergunakan untuk areal pengembangan tanaman pangan seperti kedelai dan kacang tanah dalam sistem tumpangsari. Dengan areal pengembangan tebu yang ada sekarang seluas 416 ribu ha, maka penerapan sistem tanam juring ganda tersebut dapat menyediakan areal tanam tanaman pangan seluas 208 ribu ha.

Cara Menanam Tebu Sistem Juring Ganda

Cara Menanam Tebu Sistem Juring Ganda

Produksi dan Keuntungan

Penerapan budidaya tanaman tebu sistem tanam juring ganda dapat meningkatkan produktivitas sebesar 83,8% dari sistem tanam juring tunggal sebagai akibat dari peningkatan penetrasi cahaya dalam tajuk tanaman tebu. Peningkatan distribusi cahaya dalam tajuk tersebut berpengaruh terhadap peningkatan laju fotosintesis kanopi tanaman sehingga akumulasi bahan kering semakin tinggi. Kondisi tersebut menyebabkan bobot batang per tanaman yang dihasilkan sistem tanam juring ganda lebih besar dibandingkan dengan sistem tanam juring tunggal.

Peningkatan jumlah populasi tanaman 2,36 kali lipat menyebabkan jumlah nutrisi yang diperlukan oleh tanaman tebu meningkat 2,36 kali lipat pula. Oleh karena itu diperlukan pupuk anorganik berdosis 1416 kg Phonska + 1180 kg ZA/ha dan akan diperoleh produksi hablur sebesar 12,36 ton/ha untuk PC (tanaman pertama) dan 12,43 ton/ha untuk RC dengan keuntungan sebesar Rp. 32.130.935,-/ha untuk PC dan Rp. 47.848.400,- untuk RC (tanaman ratoon).

Swasembada Gula

Penerapan cara menanam tanaman tebu juring ganda diharapkan dapat memenuhi kebutuhan gula nasional. Dengan hasil produksi mendekati produksi hablur 13,64 ton/ha, Indonesia dapat mencapai swasembada gula. Tentunya hal tersebut juga perlu didukung oleh revitalisasi pabrik gula dan juaga perluasan areal tanam.

Comments

comments

tags:

Artikel terkait Cara Menanam Tebu Juring Ganda