Menu

7 Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Busuk Buah Antraknos pada Tanaman Sayur

October 11, 2016 | Tanaman Sayur

Salah satu penyakit tanaman sayur yang sering menyerang adalah penyakit busuk buah antraknos. Penyakit busuk buah antraknos disebabkan oleh cendawan Colletotrichum sp. dan Gloeosporium spp. Patogen ditularkan melalui udara dan biji. Gejala serangan dimulai dengan timbulnya bercak coklat kehitaman pada permukaan buah, kemudian bercak menjadi lunak. Pada bagian tengah bercak terdapat kumpulan titik hitam yang merupakan kelompok spora. Pada serangan berat menyebabkan seluruh permukaan buah keriput dan mengering dan warna kulit buah seperti jerami padi. pada saat cuaca panas dan lembab penyakit ini akan cepat berkembang. Untuk itu cara pengendalian yang ampuh yaitu dengan memodifikasi lingkungan agar tidak lembab.

Penyakit Antraknos pada Tanaman Cabe

Penyakit Antraknos pada Tanaman Cabe

Tanaman sayur yang menjadi inang dari cendawan Colletotrichum sp. dan Gloeosporium spp. adalah:

  1. Tanaman cabe (baca juga : Cara Menanam Cabe)
  2. Tanaman tomat
  3. Tanaman buncis
  4. Tanaman kacang panjang
  5. Tanaman labu
  6. Tanaman mentimun
  7. Tanaman oyong
  8. Tanaman paria
  9. Tanaman semangka
  10. Tanaman terong

Tanaman sayur Anda terserang antraknos? Atau tanaman sayur petani tetangga Anda terserang antraknos? Coba lakukan 7 Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Busuk Buah Antraknos pada Tanaman Sayur berikut:

  1. Gunakan bibit unggul atau varietas yang tahan antraknos

Varietas yang tahan antraknos sudah banyak dikembangkan oleh produsen benih. Kenali varietas tahan penyakit tanaman seperti antraknos dengan melihat deskripsi varietas tanaman sayur yang akan ditanam pada kemasan ata tanyakan kepada penyuluh atau distributor benih setempat. Lakukan diskusi dengan petani lain tentang keunggulan varietas yang ditanam, informasi dari pengalaman petani lebih valid karena sudah dipraktekkan.

Apabila Anda menggunakan benih dari tanaman sendiri, ambil benih dari tanaman yang bebas dari antraknos. Karena penyakit tanaman antraknos bisa ditularkan dari biji yang terserang.

  1. Gunakan pupuk nitrogen secara tepat

Penggunaan pupuk nitorgen secara berlebihan dapat mengakibatkan tanaman rentan terhadap penyakit tanaman. Tanaman dengan nitrogen berlebih mudah terserang antraknos. Untuk itu lakukan pemupukan nitrogen sesuai dosis rekomendasi setempat.

  1. Perbanyak pemupukan Kalium dan Calsium

Unsur kalium dan calsium dapat diberikan dari pupuk majemuk seperti NPK atau pupuk tunggal. Unsur kalium dan calsium dapat meningkatkan pengerasan kulit buah. Pengerasan tersebut dapat mencegah atau mengurangi serangan antraknos.

  1. Jarak tanam jangan terlalu rapat

Atur jarak tanam tanaman sayur agar kelembaban terjaga. Penyakit tanaman biasanya cepat berkembang pada kondisi yang lembab. Jarak tanam di atur agar tidak terlalu rapat, apabila tanaman terlalu rapat bisa dilakukan perempelan.

  1. Gunakan mulsa plastik pada musim hujan

Mulsa berfungsi untuk mengurangi kelembaban tanah. Kelembaban menjadi pemicu timbulnya penyakit tanaman. Spora antranos bisa cepat berkembang pada kondisi lembab.

  1. Eradikasi atau buang buah yang terserang antraknos

Penyakit tanaman sayur perlu dipantau agar tidak cepat menyebar. Apabila sudah terjadi serangan antraknos pada tanaman sayur, segera lakukan eradikasi atau membunang buah yang terserang. Cara tersebut dapat dilakukan pada saat panen dengan memisahkan buah yang terserang antraknos dengan buah sehat.

  1. Gunakan fungisida

Fungisida dapat diaplikasikan untuk mencegah atau mengatasi penyakit tanaman. Penyakit antraknos dapat dikendalikan dengan menyemprotkan fungisida pada saat pembentukan buah pertama. Aplikasi pestisida dapat dilakukan secara periodik sesuai anjuran. (Baca: Tips Cara Menentukan Dosis Pestisida). Fungisida yang dapat digunanakan natara lain: Antracol, Dithane, Daconil, Amistar Top, Folicur, Cabrio Top, Mancozeb dll.

Comments

comments

tags: , ,

Artikel terkait 7 Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Busuk Buah Antraknos pada Tanaman Sayur