Menu

Inilah Cara Mengatasi Penyakit Virus Kuning pada Tanaman Cabe

November 23, 2016 | Tanaman Sayur

Virus kuning atau virus gemini pada tanaman cabe merupakan penyakit tanaman cabe yang sangat sulit diatasi. Saat ini belum ditemukan pestisida kimia yang ampuh untuk mengobati penyakit virus kuning. Akan tetapi penyakit virus gemini dapat diatasi atau dicegah dengan meningkatkan ketahanan tanaman terhadap virus gemini dan pendekatan lingkungan seperti yang akan dijelaskan pada artikel ini.

Cara Mengatasi Penyakit Virus Kuning pada Tanaman Cabe

Cara Mengatasi Penyakit Virus Kuning pada Tanaman Cabe

Ciri-ciri Tanaman Cabe Terserang Virus Kuning

Ciri-ciri tanaman cabe yang terserang virus kuning daunnya menggulung, mengecil dan berwarna kuning. Produksi tanaman cabe yang terserang gemini virus ini dapat menurun bahkan tidak berbuah bila serangan sejak tanaman belum berbunga. Serangan virus kuning pada tanaman cabe menunjukkan gejala bercak kuning di atas permukaan daun, dan perlahan bercak itu meluas hingga seluruh permukaan daun menguning. Bentuk daun menjadi kecil dari ukuran normal, melengkung dan kaku. Pada serangan berat, hamparan cabe bisa berubah menjadi kuning, lalu daun akan rontok.

Baca Juga : 7 Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Busuk Buah Antraknos pada Cabe

Penularan Virus Kuning pada Tanaman Cabe

Virus kuning ini ditularkan oleh kutu kebul Bemisia tabaci atau Bemisia argentifolia. Kutu kebul dewasa yang mengandung virus dapat menularkan virus selama hidupnya pada waktu menghisap daun cabe.Satu kutu kebul cukup untuk menularkan virus gemini. Efisiensi penularan meningkat dengan bertambahnya jumlah serangga per tanaman. Virus gemini dapat dengan cepat menyebar dan menular lebih luas berbagai jenis tanaman karena sifat kutu kebul yang mampu makan pada banyak jenis tanaman (polifagus). Selain itu, virus gemini juga memiliki tanaman inang yang luas dari berbagai tanaman seperti: ageratum, kacang buncis, kedelai, tomat, tembakau, dll. Upaya pencegahan atau mengatasi virus kuning/gemini harus dilakukan agar penularan virus tidak cepat merambat.

Cara Mengatasi Virus Kuning Pada Tanaman Cabe

Cara mengatasi virus kuning dapat dilakukan secara ramah lingkungan. Pengendalian dapat dilakukan dengan cara mengekstrak beberapa jenis tumbuhan untuk merangsang pertumbuhan gen resisten yang tahan/kebal terhadap serangan kutu kebul yang menularkan virus kuning. Ektrak tanaman ini merupakan salah satu langkah efektif untuk melindungi tanaman terhadap penyakit virus kuning.

Tanaman yang dapat di ekstrak adalah daun bunga pukul empat, daun bunga pagoda, daun bayam duri. Cara mengenkstrak tanaman tersebut (salah satu) yaitu dengan cara merendam daun sebanyak 250 gram ke dalam 1 liter air panas selama 3 jam, lalu disaring dan di ambil larutan ekstraknya saja. Campurkan larutan ekstrak tersebut dengan air perbandingan 1:10 (1 liter ekstrak ; 10 liter air). Kemudian disemprotkan ke tanaman cabe pada persemaian, 3 hari dan 15 hari setelah pindah tanam.

Pemberian agen hayati juga dapat dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan penyakit virus kuning. Jenis agen hayati yang dianjurkan adalah biodecomposer dan biofungisida. Semprotkan agen hayati tersebut pada tanaman cabe di persemaian, 1 minggu dan 4 minggu setelah pindah tanam.

Baca Juga: Pestisida Nabati dari Sereh Wangi

Selain itu, perlu dilengkapi pencegahan serangan penyakit virus kuning pada tanaman cabe dengan perlakuan:

  1. Menggunakan benih unggul tahan penyakit virus kuning
  2. Memasang perangkap kuning
  3. Membuat tanaman pagar dari tanaman jagung
  4. Membuat sungkup pada persemaian menghindari kutu kebuli masuk
  5. Membersihkan gulma di sekitar areal yang terinfeksi virus kuning
  6. Eradikasi atau membuang tanaman yang terserang gemini virus

Comments

comments

tags:

Artikel terkait Inilah Cara Mengatasi Penyakit Virus Kuning pada Tanaman Cabe