Menu

Cara Mudah Menyetek Durian, Pasti Tumbuh

February 18, 2017 | Tanaman Buah, Teknik Pertanian

Menyetek durian adalah salah satu cara perbanyakan durian yang merupakan tanaman asli daerah tropis. Durian salah satu buah favorit yang banyak dikonsumsi sebagaian besar penduduk Indonesia.

Macam-macam jenis durian

  1. Durian montong
  2. Durian petruk
  3. Durian merah
  4. Durian sidodol
  5. Durian bokor
  6. Durian matahari
  7. Durian tembaga
  8. Dan durian lainnya

 

Bibit durian banyak dijual di sentra agribisnis. Para hobiis tabulampot dan petani banyak yang menanam tanaman durian ini. Perbanyakan durian dapat dilakukan secara:

  1. Generatif (biji)
  2. Vegetatif (setek, cangkok dll)
Cara Mudah Menyetek Durian

Cara Mudah Menyetek Durian

Kali ini akan dibahas cara perbanyakan durian secara setek. Menyetek durian sangat mudah dilakukan.

Caranya menyetek durian

  1. Pilih batang yang akan di setek
  2. Potong batang setek
  3. Tanam setek sampai timbuh akar
  4. Pindah tanam

Tentu cara menyetek tanaman durian perlu trik khusus agar bisa tumbuh pohon durian yang kokoh dan lebat buahnya.

Pilih batang yang akan di setek

Batang yang diginakan untuk setek durian di ambil dari ranting muda. Waktu yang tepat untuk melakukan setek ini adalah saat produksi getah maksimum antara pukul 06.00-08.00.

Potong batang setek

Ranting muda yang sudah dipilih, potong-potong di antara daun, dari paling ujung ranting sampai daun ke enam dari ujung. Setiap ruas potongan tersebut mempunyai satu tangkai daun. Pemotongan menggunakan pisau atau silet tajam agar tidak banyak melukai batang. Potong sebagian daun dan hanya meninggalkan 2/3 daun.

Potongan setek yang berukuran 5-10 cm dicelupkan pada larutan perangsang akar golongan auksin selama 2 menit. Bagian yang dicelupkan yaitu bagian bawah atau pangkal batang. Perangsang akar tersebut bisa diambil dari ekstrak akar bibit durian asal biji. Tetapi kalau pengen praktis, beli hormon auksin di toko pertanian.

Tanam setek sampai tumbuh akar

Untuk menanam setek yang sudah drendam auksin diperlukan bahan-bahan:

  1. Gelas plastik. Bisa gunakan gelas plastik yang biasa dipakai jualan es atau jus.
  2. Media tanam steril. Bisa pakis halus, mos atau pasir malang. Agar steril disiram air panas media tersebut.

Cara tanamnya, masukkan media tanam ke dalam gelas plastik sebanyak 1/3 bagian. Tancapkan batang setek dalam media. Media tanam dapat disiram dengan hormon aksin untuk pencelupan sebelumnya. Tutup gelas plastik dan tempatkan pada tempat terang. Tetapi tidak terkena matahari secara langsung. Pemeliharaan dilakukan dengan penyiraman seperlunya.

Pindah tanam

Setelah kurang lebih 3 bulan, bibit setek akan tumbuh akar yang lebat. Setek yang sudah berakar dapat dipindah pada polibag diameter 15 cm dengan media kompos dan tanah. Pelihara sampai muncul daun dan siap pindah tanam ke tanah.

Mudah dan simpel cara menyetek durian. Kalau masih belum terbayang cara menyetek durian, berikut ada video diambil dari youtube tentang cara menyetek durian.

Comments

comments

tags:

Artikel terkait Cara Mudah Menyetek Durian, Pasti Tumbuh