Menu

Cara Pemangkasan Tanaman Kakao

Pemangkasan tanaman kakao akan menghasilkan pohon dengan tajuk terbuka sehingga memungkinkan matahari masuk. Cara pemangkasan tanaman kakao harus dilakukan dengan benar, karena kalau cara pemangkasan tanaman kakao tidak dilakukan dengan benar maka akan mengurangi hasil kakao dalam beberapa bulan bahkan beberapa tahun. Selain itu cara pemangkasan tanaman kakao yang tidak benar juga dapat meningkatkan serangan penyakit dan pertumbuhan gulma.

Cara Pemangkasan Tanaman Kakao

Cara Pemangkasan Tanaman Kakao

4 macam pemangkasan tanaman kakao

  1. Pemangkasan bentuk

Pemangkasan bentuk dilakukan dengan memangkas pucuk (3-6 bulan) dan tajuk (6-9 bulan). Tujuannya untuk membentuk tanaman dan tajuk kakao yang memacu perkembangan cabang sekunder dan menghasilkan banyak buah.

  1. Pemangkasan tunas air/vertikal

Pemangkasan tunas air/vertikal dilakukan dalam tiga tahap, yaitu memangkas semua tunas setinggi 40-60 cm di atas permukaan tanah, memangkas sebagian besar tunas yang tumbuh kembali di dalam struktur yang terbentuk, serta menghilangkan tunas vertikal yang tidak tumbuh tegak.

  1. Pemangkasan sanitasi

Pemangkasan sanitasi dilakukan dengan memangkas cabang di bawah ketinggian 120 cm, cabang yang sakit/rusak dan tumpang tindih dengan jarak 20-40 cm, ranting yang tidak produktif, memelihara cabang untuk mempertahankan tinggi tanaman 3,5 m, pengisian sentral dan samping dan membuang semua buah yang mengering.

  1. Pemangkasan struktural

Pemangkasan struktural adalah pemangkasna yang membatasi ketinggian tanaman, membersihkan permukaan tanah dan memangkas tajuk arah timur-barat lalu utara selatan.

Cara pemangkasan yang biasa dilakukan oleh petani kakao, sebagai berikut:

  1. Pangkas dahan-dahan yang bertumpuk dan sudah tidak produktif lagi. Untuk dahan yang menjulur ke samping, sisakan untuk 4 mata angin dengan tujuan agar ada hubungan antara 1 pohon kakao dengan pohon kakao yang berada disebelahnya.
  2. Peliharalah 1 tunas kakao di setiap tanaman kakao yang menjulur lurus ke arah atas, dengan tujuan agar tanaman kakao ini bisa tinggi. Di setiap ketinggian 2 meter, peliharalah cabang kakao yang menjulur ke arah samping untuk 4 arah mata angin.
  3. Pemangkasan dan pemeliharaan tunas jangan sampai menghalangi yang akan menyinari tanah, batang dan daun.

Demikian cara pemangkasan tanaman kakao. Lakukan pemangkasan dengan benar agar tanaman kakao dapat lebih produktif dan bebas dari hama dan penyakit tanaman kakao.

tags:

Artikel terkait Cara Pemangkasan Tanaman Kakao