Menu

Contoh Tanaman Hidroponik, Siap Tanam di Pekarangan Anda

January 21, 2021 | Tanaman Sayur, Teknik Pertanian

Akhir-akhir ini hobi hidroponik tengah banyak digandrungi oleh masyarakat. Banyak sekali contoh tanaman hidroponik yang dapat anda tanam, maka tidak heran bila hobi hidroponik ini kembali menyeruak.

Bahkan, kegiatan membuat hidroponik saat ini tidak hanya berguna sebagai hiburan semata. Jika kita tekuni secara teliti, tanaman yang dihasilkan dapat kita jual, sehingga dapat memutar keuangan keluarga.

Contoh Tanaman Hidroponik

Sebelum terjun ke dunia hidroponik lebih dalam lagi, alangkah lebih baiknya jika kegiatan ini kita topang dengan pengetahuan tentang apa saja tanaman hidroponik terlebih dahulu. Berikut kami berikan ulasan lengkapnya khusus untuk anda.

Sawi Hijau

Mempunyai kemampuan bertahan hidup yang baik, membuat sawi hijau sangat cocok anda gunakan sebagai tanaman hidroponik. Semua jenis media, keadaan suhu, kelembaban, dan juga musim dapat kita gunakan untuk menumbuhkan tanaman yang satu ini.

Selain mempunyai ketahanan yang baik dalam berbagai macam kondisi, sawi hijau juga terbilang cepat panen. Oleh karena itu, perputaran tanaman ini akan terasa lebih asyik dan tidak membosankan, terutama untuk seorang penanam yang pemula.

Tanaman hidroponik yang satu ini juga mempunyai keunggulan terkait dengan penjualannya. Selain benihnya mudah kita dapatkan, sawi hijau juga selalu dicari pembeli sehingga sangat mudah untuk kita jual.

Seledri

Siapa yang tidak mengenal elemen penting dalam hidangan sup yang satu ini. Meski hanya berbentuk seperti rumput biasa, seledri juga termasuk salah satu sayuran yang keberadaannya selalu dicari.

Dalam kegiatan hidroponik, seledri juga termasuk salah satu tanaman yang sangat cocok kita tanam dengan metode hidroponik. Biasanya, seledri ditanam dengan metode sumbu atau wick, namun bisa juga kita tanam dengan metode apung. Sama halnya dengan sawi hijau, seledri juga termasuk contoh tanaman hidroponik yang cepat untuk dipanen.

Bayam

Masih satu kerabat dengan sawi hijau, bayam juga termasuk salah satu tanaman yang sangat cocok kita tanam dengan metode hidroponik. Kemampuan adaptasi lingkungan bayam yang sangat tinggi membuatnya dapat ditanam dengan metode apapun dalam hidroponik.

Bayam juga termasuk sayuran yang juga berumur hidup cepat. Sama halnya dengan seledri dan sawi hijau, tanaman hidroponik ini juga mudah kita jual mengingat nutrisinya yang sangat tinggi. Terlebih lagi jika kita jual dengan predikat organik, sudah pasti bayam yang kita tanam bisa terjual dengan harga yang lebih tinggi lagi.

Cabai

Untuk para penanam lanjutan, tanaman cabai bisa menjadi pilihan jika ingin mencoba tantangan yang baru. Pasalnya, meski cukup awam menjadi tanaman rumahan, menanam cabai tentu perlu kesabaran yang ekstra.
Namun, jika pada akhirnya proses penanaman berhasil, tentu keuntungan yang anda hasilkan dari cabai jauh lebih tinggi daripada tanaman lainnya. Seperti yang kita ketahui, contoh tanaman hidroponik yang satu ini memang sering naik turun harganya dan sangat berprospek tinggi dalam dunia pertanian.

Tomat

Ada cabai, maka ada pula tomat. Dua sayuran yang lebih mendekati buah-buahan ini memang sudah tidak bisa kita pisahkan lagi dalam masakan ala Indonesia.

Seperti halnya cabai, tomat juga termasuk tanaman yang sangat cocok kita tanam dengan metode hidroponik. Namun dalam perawatannya, tanaman hidroponik ini juga perlu perhatian yang lebih.

Usahakan memilih benih yang baik ketika memutuskan untuk menanam tomat. Pasalnya, kerap kita jumpai tomat tidak tumbuh lantaran benih yang kurang kualitasnya.

Selanjutnya, calon pohon tomat mulai bisa disemai dengan media sabut kepala. Proses penyemaian ini yang menjadi kunci dari keberhasilan hidroponik tanaman tomat. Jika berhasil dilakukan dengan benar, sudah pasti salah satu contoh tanaman hidroponik ini mempunyai nilai jual yang sangat menjanjikan.

Artikel terkait Contoh Tanaman Hidroponik, Siap Tanam di Pekarangan Anda