Menu

Manfaat Lampu Perangkap Hama (Light Trap), Petani Wajib Tahu Ini

October 17, 2016 | Tanaman Pangan

Lampu perangkap hama (Light trap) sering dijumpai di areal sawah. Bentuk light trap juga bermacam-macam dengan sumber tenaga listrik maupuk tenaga surya. Akan tetapi keberadaan light trap di sawah belum banyak dimanfaatkan secara maksimal. Banyak kasus di daerah lampu sering hilang dan sebagainya. Padahal keberadaan light trap banyak manfaatnya bagi petani.

Ada yang belum tahu light trap? Atau belum pernah melihat lampu perangkap hama? Banyak model light trap, salah satunya ini wujudnya.

Lampu Perangkap Hama Padi atau Light Trap

Lampu Perangkap Hama Padi atau Light Trap

Komponen utama dari lampu perangkap hama atau yang dikenal juga dengan light trap ini yaitu lampu, corong dan kantung plastik, serta rangka beratap. Lampu, dengan daya minimal 100 watt, berfungsi untuk menarik serangga pada waktu malam hari. Corong merupakan tempat masuknya serangga, kantung plastik berfungsi untuk menampung serangga yang tertangkap. Kemudian, rangka beratap fungsinya untuk melindungi lampu dan hasil tangkapan terutama dari hujan. Cara kerja perangkap ini, lampu diletakkan di dalam lahan sawah padi di pinggir pematang. Letak bisa disesuaikan dengan kondisi tempat karena alat ini menggunakan lampu sehingga memerlukan sumber aliran listrik. Satu unit lampu perangkap sebagai monitoring dapat digunakan untuk luasan 300-500 ha, sedangkan untuk pengendalian seluas 50 ha. Lampu dinyalakan setiap hari mulai dari pukul 6 sore – 6 pagi dan hasil tangkapan diambil setiap pagi kemudian diamati jenis serta jumlah serangga yang tertangkap.

Apa manfaat light trap atau lampu perangkap hama?

Inilah manfaat lampu perangkat hama yang wajib diketahui petani

1. Penduga Waktu Persemaian Padi

Pengamatan lampu perangkap harus dilakukan setiap hari untuk membuat kurva bulanan sebagai dasar penetapan persemaian atau waktu tanam. Waktu persemaian ditentukan pada 15 hari setelah puncak imigran. Jika datangnya wereng generasi yang tumpang tindih, maka akan terjadi bimodal (dua puncak). Persemaian sebaiknya dilakukan pada 15 hari setelah puncak imigran wereng kedua.

2. Penduga Waktu Tanam Padi

Lampu perangkap hama dapat digunakan untuk menunda waktu tanam, bila waktu akan menanam padi lampu perangkap menangkap populasi hama jumlahnya banyak, maka waktu menanam padi dapat diundurkan sampai satu minggu. Bibit padi dipersemaian dapat dikendalikan dengan insektisida yang relatif sedikit dan mudah. Jika populasi hama tinggi dan waktu menanam padi dipaksakan dilakukan, maka tanaman padi akan rusak berat dan relatif sulit dalam pengendalian.

3. Reduksi Hama Padi di Pertanaman

Lampu perangkap hama atau light trap dapat mereduksi populasi hama imigran atau hama emigrant. Populasi hama imigran dapat tertangkap oleh lampu perangkap dan mati. Reduksi populasi hama ini secara tidak langsung mengurangi intensitas serangan hama pada tanaman padi.

4. Monitoring Dini Keberadaan Hama Padi

Monitoring dini terhadap jenis dan jumlah hama imigran yang datang di pertanaman padi untuk menentukan ambang ekonomi pengendalian hama

a. Jika pada lampu perangkap hama sudah tetangkap hama lebih dari 50 ekor wereng coklat per malam, harus segera dilakukan pengendalian

b. Jika pada lampu perangkap tertangkap kurang dari 50 ekor wereng coklat per malam, segera lakukan pengamatan di pertanaman padi. bila didapat 3 ekor wereng coklat per rumpun pada tanaman padi berumur <40 HST atau didapat 5 ekor wereng coklat per rumpun pada tanaman padi berumur>40 HST, maka harus segera dilakukan pengendalian.

c. Jika pada lampu perangkap sudah tertangkap ngengat penggerak batang padi, maka harus segera dilakukan pengendalian pada 4 hari setelah ngengat penggerek padi tertangkap

Itulah manfaat lampu perangkap hama tau light trap. Dengan mengetahui manfaat light trap, diharapkan keberadaan lampu perangkap hama dapat digunakan dan dimanfaatkan semaksimal mungkin. Manfaat light trap untuk memonitoring dan mengendalikan hama dapat menekan kerusakan tanaman padi akibat serangan hama sehingga produktivitas padai dapat optimal.

Comments

comments

tags:

Artikel terkait Manfaat Lampu Perangkap Hama (Light Trap), Petani Wajib Tahu Ini