Menu

Manfaat Pupuk untuk Tanaman

May 17, 2018 | Teknik Pertanian

Apa manfaat pupuk untuk tanaman? Pupuk secara umum bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan hara yang diperlukan tanaman sehingga mampu berproduksi dengan baik. Material pupuk dapat berupa bahan organik ataupun non-organik (mineral).

Menurut Kementan, Pupuk adalah suatu bahan yang mengandung satu atau lebih unsur hara atau nutrisi bagi tanaman untuk menopang tumbuh dan berkembangnya tanaman. Unsur hara yang diperlukan oleh tanaman adalah: C, H, O (ketersediaan di alam melimpah), N, P, K, Ca, Mg, S (hara makro), dan Fe, Mn, Cu, Zn, Cl, Mo, B (hara mikro).

manfaat pupuk

Pupuk NPK

Pupuk makro yang biasa dijual dipasaran adalah pupuk NPK. Apa manfaat pupuk tersebut?

Pupuk Nitrogen (N) bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan akar, batang dan daun. Manfaat pupuk nitrogen lainnya adalah membuat warna daun lebih hijau, memperbanyakan anakan tanaman padi dana memperbaiki mutu dan jumlah hasil panen.

Manfaat pupuk Phospor (P) adalah untuk memperpanjang pertumbuhan akar sehingga tanaman mudah menyerap makanan. Selain itu manfaat pupuk P juga dapat menguatkan batang dan mempercepat proses pemasakan buah dan memperbaiki mutu dan jumlah hasil panen.

Selain Nitrogen dan phospor, unsur hara makro yang dibutuhkan tanaman adalah kalium (K). Manfaat pupuk Kalium dapat memperbaiki pertumbuhan tanaman, meningkatkan ketahanan tanaman terhadap serangan hama dan penyakit. Pupuk kalium juga berperan dalam memperbaiki mutu dan jumlah hasil panen.

Berdasarkan proses pembuatannya pupuk dibedakan menjadi pupuk alam dan pupuk buatan. Pupuk alam adalah pupuk yang didapat langsung dari alam, contohnya fosfat alam, pupuk kandang, pupuk hijau, kompos. Jumlah dan jenis unsur hara yang terkandung di dalamnya sangat bervariasi. Sebagian dari pupuk alam dapat disebut sebagai pupuk organik karena merupakan hasil proses dekomposisi dari material mahluk hidup seperti, sisa tanaman, kotoran ternak, dan lain-lain. Manfaat pupuk organik dapat menyuburkan tanah dan meningkatkan produksi tanaman. Pupuk organik mampu memperbaiki tanah dan menjaga keseimbangan unsur hara tanah.

Pemberian pupuk kimia maupun organik perlu dilakukan untuk mendukung pertumbuhan dan meningkatkan produksi tanaman.

Comments

comments

Artikel terkait Manfaat Pupuk untuk Tanaman