Menu

Refugia, Si Cantik Pembasmi Hama Padi

November 13, 2016 | Tanaman Pangan

Siapa refugia?  Refugia merupakan suatu area yang ditumbuhi beberapa jenis tumbuhan yang dapat menyediakan tempat perlindungan, sumber pakan atau sumberdaya yang lain bagi musuh alami seperti predator dan parasitoid. Tanaman yang berfungsi sebagai refugia bermacam-macam antara lain bunga pukul empat, bunga kenikir, bunga kertas dan bunga matahari. Dengan refugia, sawah menjadi penuh dengan bunga-bunga cantik.

Refugia, Si Cantik Pembasmi Hama Padi

Refugia, Si Cantik Pembasmi Hama Padi

Musuh alami hama padi yang bersarang di tanaman bunga akan menjadi predator atau parasitoid bagi hama padi. Predator akan memangsa hama padi. Hewan yang termasuk predator hama padi antara lain capung, kupu-kupu, lalat, semut, tomcat, lebah, kepik, kumbang helm, dan laba-laba.

Berbeda dengan predator, parasitoid adalah serangga yang hidup menumpang pada serangga lain. Parasitoid melumpuhkan hama dengan cara menanamkan telurnya pada telur hama padi. Dengan begitu, telur hama padi akan berubah menjadi parasitoid yang berguna bagi petani saat menetas.

Penanaman refugia pada lahan pertanian atau sekitar lahan pertanian ini merupakan suatu usaha konservasi serangga musuh alami. Tujuannya adalah membuat agroekosistem di lahan pertanian bisa terjaga. Apabila agroekosistem lahan pertanian stabil maka populasi hama akan seimbang dengan populasi musuh alami.

Comments

comments

Artikel terkait Refugia, Si Cantik Pembasmi Hama Padi