Menu

Beberapa Cara Menjadi Petani Sukses yang Harus Anda Ketahui

August 29, 2021 | Teknik Pertanian

Bertani adalah salah satu mata pencaharian paling banyak di Indonesia. Karena sektor pertanian adalah salah satu sektor yang sangat didukung oleh kondisi Indonesia yang merupakan negara agraris. Cara menjadi petani sukses pun mulai banyak dicari oleh sebagian besar, bahkan hampir semua petani.

Hal ini sangat terpengaruh akan kelangsungan hidup dalam masyarakat yang dituntut mampu bersaing dari segala bidang.

Cara Menjadi Petani Sukses

Di negara Indonesia, petani sangat identik dengan seseorang yang usianya tua, kotor, kumal, bau, dan tidak memiliki pendidikan. Akan tetapi, mari kita bangun persepsi seperti itu dan membandingkan atau mensejajarkan dengan para petani di berbagai negara lain.

Dengan menerapkan berbagai langkah dalam menguasai bidang pertanian, dapat dimaksimalkan peran petani dalam kehidupan negara ini.

Cara Menjadi Petani Sukses

Tips Menjadi Petani yang Sukses

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan jika anda adalah seorang petani, atau sedang terjun sebagai seorang petani. Bukan tidak mungkin jika anda adalah calon petani sukses yang nantinya akan mempunyai martabat tinggi di dalam masyarakat. Tips yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut.

Petani yang Berinovasi

Cara menjadi petani sukses yakni anda dapat melakukan inovasi pada bagian pembibitan, teknologi, atau yang lain. Hal tersebut akan mempengaruhi kualitas produksi anda. Inovasi ini telah banyak diciptakan oleh mereka para petani yang kreatif.

Bahkan, sebagian besar dari pelaku tersebut berasal dari kalangan mahasiswa. Kendala yang masih mengganjal adalah inovasi yang tercipta tersebut kurang tepat atau kurang menyasar dengan benar pada lapisan masyarakat. Hal ini tentu saja dapat mempengaruhi nasib para petani di Indonesia.

Bergabung dengan Koperasi

Yang menjadi permasalahan para petani adalah permainan tengkulak. Hal ini sudah sangat biasa dialami para petani di Indonesia. Saat panen raya telah tiba, petani banyak yang menjual hasil panen pada tengkulak atau pengepul.

Hal ini biasanya dijual dengan cara individu dan semua petani memiliki komoditas hasil panen yang sama. Maka, para tengkulak bisa membeli dengan harga yang murah.

Bahkan, karena petani juga kurang mengerti kondisi atau perkembangan pasar, maka akan sangat mudah dipermainkan. Salah satu cara menjadi petani sukses yang dapat anda lakukan adalah dengan membentuk koperasi.

Anggota koperasi dapat menjual secara kolektif dan akan diperoleh jumlah yang cukup besar. Sehingga, anda dapat menjual hasil panen tersebut langsung pada pedagang besar.

Memperluas Pasar

Pengetahuan mengenai pasar harus petani ketahui dengan baik. Hal ini dapat memberikan informasi tentang memasarkan produk dan juga fluktuasi harga yang ada. Karena dapat meminimalisir kerugian dari ulah oknum tengkulak.

Meningkatkan Kualitas Produk Pertanian

Cara menjadi petani sukses harus dimulai dengan hasil produksi yang baik dan berkualitas. Kualitas juga dapat mempengaruhi harga yang akan diberikan.

Kualitas tersebut meliputi ukuran yang besar, jumlah dari hasil satu lahan yang banyak, dan juga beberapa hal lain yang nantinya akan mempengaruhi nilai jualnya.

Harus Cerdas Mengambil Peluang

Biasanya para petani mulai menanam dengan tanaman yang seragam saat musim tanam. Kemudian, saat satu waktu harga cabai mahal, maka hampir semua menanam cabai. Lalu, pada saat panen, kuantitas cabai pun membludak. Hal tersebut akan mengakibatkan harga cabai yang jatuh.

Untuk menjadi petani yang berhasil, maka diperlukan kerja keras dan juga keuletan yang tinggi. Cara menjadi petani sukses tersebut dapat anda lakukan demi memperoleh kehidupan yang lebih meningkat dalam masyarakat.

Artikel terkait Beberapa Cara Menjadi Petani Sukses yang Harus Anda Ketahui