Menu

Cara Tanam dan Perawatan Tanaman Aglaonema Agar Tumbuh Subur

August 13, 2021 | Tanaman Hias

Aglaonema atau dengan nama lain Sri Rezeki atau Chinese Evergreen adalah salah satu jenis tanaman hias yang cukup populer saat ini. Bahkan Aglaonema juga mempunyai sebutan sebagai “ratu tanaman hias”. Dengan popularitas yang dimiliki saat ini, membuat banyak ilmuwan pada ranah botani melakukan pengembangan terhadap jenis tanaman hibrida ini. Pengembangan tersebut menjadikannya memiliki tampilan yang lebih cantik dan menarik. Mulai dari warna, bentuk, serta daun yang berbeda dari aslinya. Berikut ini akan kita bahas mengenai cara tanam dan perawatan tanaman Aglaonema.

Mengetahui Cara Tanam dan Perawatan Tanaman Aglaonema

Cara Tanam dan Perawatan Tanaman Aglaonema

Tanaman hias Aglaonema memiliki daya tarik tersendiri baik dari segi warna hingga bentuk daun yang dimiliki. Namun sangat disayangkan apabila kita tidak mengetahui cara menanam serta merawatnya dengan benar. Syarat tumbuh dari bunga Aglaonema tidaklah sulit. Akan tetapi, bagi anda yang akan membudidayakannya, perlu mengetahui cara tepat dalam menanam serta perawatan tanaman hias satu ini.

Cara Tanam Bunga Aglaonema Agar Berdaun Indah

Tanaman Aglaonema memiliki jenis yang beragam, meskipun demikian dalam proses penanamannya pun tidak terlalu sulit. Tanaman hias ini dapat anda tanam dengan beberapa metode yang antara lain:

  1. Menanam Anglaonema dengan Benih

Untuk dapat menanam tanaman hias Aglaonema dengan menggunakan benih, anda perlu memilih benih yang telah memiliki umur tua. Sebelum menanam, anda dapat merendam benih selama 2 hingga 3 jam untuk memaksimalkan proses tumbuh dari benih tersebut.

  1. Menanam Anglaonema dengan Metode Cangkok

Untuk menanam Aglaonema menggunakan metode cangkok, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memilih indukan cangkok dengan spesifikasi batang yang sehat dan kuat.

Hal ini ditandakan dengan batang yang mulai berwarna kecoklatan. Selanjutnya anda perlu mengupas kulit batang pohon sedikit saja. Lalu mulai proses pencangkokan dengan melapisi batang menggunakan plastik dengan sirkulasi udara yang cukup.

  1. Menanam Tanaman Aglaonema dengan Metode Stek

Metode stek dalam menanam tanaman Aglaonema lebih mudah dibandingkan dengan metode cangkok. Anda hanya perlu menanamkan pucuk indukan pada media tanah yang telah anda persiapkan dalam suhu ruang yang lembab. Pilihlah pucuk indukan Aglaonema yang mempunyai lebih dari 5 buah daun.

Cara Perawatan Tanaman Hias Anglaonema

Untuk memaksimalkan proses perkembangan dan pertumbuhan, anda perlu memperhatikan beberapa tips dalam merawat jenis tanaman ini yang antara lain:

Jangan Terlalu Sering Disiram

Dalam merawat tanaman Aglaonema, pemilik harus memperhatikan asupan nutrisi serta air yang cukup selama musim kering. Bisa dengan menyiramnya dua hingga tiga kali dalam sepekan.

Namun apabila sudah dalam musim penghujan, maka asupan air harus dikurangi, dengan hanya menyiramnya seminggu sekali.

Hindarkan dari Paparan Sinar Matahari Langsung serta Suhu Dingin

Cara tanam dan perawatan tanaman Aglaonema selanjutnya adalah dengan menghindarkan dari sinar matahari langsung. Sinar matahari yang cukup merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam menanam Aglonema. Hal ini dikarenakan paparan sinar matahari langsung dapat membuat daun berubah menjadi kuning dan layu.

Selain itu, tanaman ini juga tidak menyukai suhu udara yang terlalu dingin. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk memberikan kenyamanan serta kelembaban udara yang baik terhadap Sri Rezeki ini.

Cara tanam dan perawatan tanaman Aglaonema yang tepat lainnya adalah dengan pemberian pupuk secukupnya. Selain itu, anda juga dapat menggunakan tanah organik sebagai media tanam serta memberantas hama yang terdapat dalam tanaman ini secara rutin.

Artikel terkait Cara Tanam dan Perawatan Tanaman Aglaonema Agar Tumbuh Subur