Menu

Cara Menanam Melon dan Perawatannya Untuk Hasil yang Melimpah

December 27, 2021 | Tanaman Buah

Cara menanam melon dan perawatannya terbilang praktis. Buah yang satu ini memang bukan buah asli Indonesia. Nama latin Curcumis Melo L ini merupakan salah satu buah yang berasal dari dataran Persia yang mulai menyebar ke Timur Tengah, Eropa, Amerika, sampai Asia. Kini buah ini bisa ditanam di Indonesia dengan cara yang praktis dan hasil melimpah.

Cara Menanam Melon dan Perawatannya

Dalam menanam buah melon, sebaiknya mulai dengan mencari bibit yang terbaik untuk pembenihan. Setelah menemukan benih terbaik, maka rendam dengan menggunakan air atonik serta furadam selama 2 jam. Jika ada benih yang mengapung, maka jangan digunakan karena mengapung berarti bibit yang tidak baik.

Simpan benih sampai kering dan jauhkan dari tempat yang lembab untuk menghindari tumbuhnya jamur. Untuk memulai menanam benih, maka rendam benih selama 3 jam. Guna membuat benih memiliki kecambah ketika sudah muncul, maka masukkan ke dalam polibag yang sudah diisi pupuk kandang dan tanah dengan aturan komposisi 1:4.

Jika sudah, maka taburi benih dengan abu sekam. Sirami benih dengan rutin cukup satu kali dalam sehari menggunakan semprotan. Apabila sudah masuk hari ke-12, maka sudah tumbuh daun kurang lebih 3 sampai 5 lembar. Hal ini menandakan jika tanaman ini sudah siap untuk dipindahkan ke dalam lahan yang sebenarnya.

Namun sebelum memindahkan tanaman ini, maka persiapkan lahannya terlebih dahulu. Lahan harus dicangkul terlebih dahulu untuk menggemburkan tanah dan menghilangkan gulma atau sisa tanaman sebelumnya. Cara menanam melon dan perawatannya yang benar bisa menghasilkan panen yang melimpah.

Apabila keasaman tanah lebih, maka tambahkan kapur dolomit. Namun jika terlalu basa, bisa tambahkan belerang sebelum ditanami. Biarkan tanah yang sudah dibajak selama 1 minggu agar terkena sinar matahari. Nah, buatlah bedengan memanjang 15 meter dengan lebar 120 cm dan tingginya 50cm. Pasang plastik mulsa sebanyak 2 lapis untuk menutupi tanah, biarkan 1 minggu.

Nantinya buka lubang plastik dengan menggunakan kaleng bekas susu sedalam 5-10cm. Sampai disini, untuk mempersiapkan lahan selanjutnya hanya tinggal penanaman bibit yang sudah siap tersebut. Pilihan terbaik untuk menanam buah melon ini adalah awal kemarau. Lalu bibit yang sudah ada daunnya tadi bisa dilepas polibagnya dengan hati-hati.

Cara Menanam Melon dan Perawatannya

Perawatan Tanaman Buah Melon

Melakukan perawatan rutin dan teratur merupakan salah satu yang tidak boleh terlewatkan. Tahap perawatan ini meliputi penjarangan, penyulaman, pengairan, pemupukan, sampai dengan penyemprotan pupuk petisida. Hal ini berfungsi untuk mengusir hama serta menghalangi penyakit tanaman. Untuk tahap penyulaman, penjarangan, sampai penyiangan bisa dilakukan secara bersamaan ketika menyirami tanaman.

Karena tanaman ini tidak membutuhkan banyak air, maka sirami saja pada pagi hari. Sering lakukan pengontrolan ketika menyirami untuk menghindari tanaman yang mati dan membusuk. Jika menemukan tanaman ini, maka segera lakukan penyulaman.

Sementara lakukan pemupukan dengan 3 kali periode, yaitu ketika usia 20 hari, 40 hari, dan yang terakhir usia 60 hari. Sebarkan pupuk untuk pinggiran bedengan dengan dosis yang tepat seperti urea 300kg/ha, TSP 200 kg/ha, dan KCL 200kg/ha.

Cara menanam melon dan perawatannya yang praktis dengan hasil melimpah bisa anda praktekkan. Karena tanaman yang satu ini tidak membutuhkan air banyak, sehingga ketika musim penghujan dikhawatirkan akan busuk bibitnya. Dengan memperhatikan cara ini, melon bisa dipanen dengan hasil yang memuaskan.

tags:

Artikel terkait Cara Menanam Melon dan Perawatannya Untuk Hasil yang Melimpah