Menu

Contoh Tanaman Hidrofit yang Sering Ditemui

December 7, 2021 | Tanaman Sayur

Tumbuhan merupakan salah satu makhluk hidup yang memiliki jenis yang banyak. Salah satu jenis tumbuhan yaitu hidrofit. Contoh tanaman hidrofit cukup banyak dan anda pasti sudah pernah melihatnya. Tanaman hidrofit itu sendiri merupakan sejenis tumbuhan yang hidup di air. Tumbuhan ini beradaptasi dengan cara tubuhnya terbenam, baik sebagian atau seluruhnya dalam air. Tanaman ini memiliki ketergantungan hidup pada air.

Contoh Tanaman Hidrofit

Tanaman hidrofit sangat mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan mungkin anda juga sudah sering melihatnya tanpa sengaja. Tanaman jenis yang satu ini juga sering dikonsumsi manusia juga. Contoh tanaman yang satu ini memang lebih sering ditemui di area pedesaan. Tanaman memang seperti manusia yang perlu tumbuh dan hidup di suatu tempat. Banyaknya jenis tanaman ini pun bisa anda ketahui lebih jelas.

Contoh Tanaman Hidrofit

Tanaman hidrofit memang tergolong yang banyak membutuhkan air. Bahkan tidak bisa hidup tanpa air. Ketika anda ingin menemukan jenis tanaman ini sangat mudah sekali. Tanaman hidrofit juga ada yang dikonsumsi sebagai menu sehari-hari. Jika anda masih belum jelas dengan jenis tanaman ini, anda perlu ketahui contohnya langsung.

Berikut ini ada beberapa contoh tanaman hidrofit dengan ciri-cirinya secara lengkap.

Kangkung

Tanaman kangkung menjadi salah satu jenis tanaman yang membutuhkan banyak air. Anda mungkin bisa menemuinya di sungai-sungai. Batang kangkung berisikan udara sehingga bisa mengapung diatas air. Selain itu, kangkung juga menjalar hingga beberapa meter. Jenis sayuran yang satu ini banyak dijumpai di kawasan benua Asia dan di seluruh kawasan berair.

Bakau

Jenis tanaman hidrofit selanjutnya yaitu bakau. Tanaman ini berasal dari genus Rhizophora yang bisa anda temui di daerah pantai. Tumbuhan ini termasuk dalam penyusun ekosistem dari hutan bakau atau mangrove. Tumbuhan ini khususnya hidup pada daerah yang berlumpur dan akumulasi bahan organik.

Eceng Gondok

Eceng gondok bisa dikategorikan sebagai tumbuhan hidrofit yang paling cepat pertumbuhannya. Tanaman ini bisa mengapung diatas air. Lebih uniknya lagi, eceng gondok juga bisa berpindah tempat seiring mengalirnya arus.

Teratai

Tumbuhan hidrofit yang lainnya yaitu teratai. Teratai biasa hidup di perairan dangkal karena tanaman ini akarnya tetap harus menancap pada tanah meski mengapung. Sehingga teratai hanya dapat hidup di perairan sungai yang dangkal. Teratai memiliki daun yang lebar dengan bunga berwarna-warni.

Kiambang

Contoh tumbuhan hidrofit yang lain yaitu kiambang. Tumbuhan air yang satu ini termasuk dalam genus Salvinia dan termasuk dalam tumbuhan yang mengapung di air. Habitat kiambang biasa di sawah, kolam, danau, dan masih banyak yang lainnya. Kiambang juga memiliki dua tipe daun yang berbeda.

Pertama daun yang berada di permukaan air dan kedua daun berbentuk cuping agak melingkar. Tipe daun yang kedua ini permukaannya memiliki rambut halus berwarna putih transparan. Fungsi rambut halus ini menjaga permukaan daun agar tetap kering.

Hidrillia

Hidrillia adalah tanaman yang hidup di perairan dingin dan hangat. Negara yang bisa ditumbuhi tanaman ini yaitu Eropa, Asia, Afrika, dan Australia. Batang tumbuhan ini dapat tumbuh hingga ukuran 2 m. Daun yang berada pada ulir berjumlah 2-8 batang dengan gerigi kecil di sepanjang tepi daun.

Tanaman terdiri dari berbagai jenis dan tempat hidup yang berbeda-beda. Salah satu jenis tanaman yaitu hidrofit. Anda bisa ketahui apa saja contoh tanaman hidrofit yang biasa tumbuh dan mudah untuk dijumpai.

Artikel terkait Contoh Tanaman Hidrofit yang Sering Ditemui