Menu

Contoh Tanaman Hortikultura, Simak Berikut Ini Agar Anda Tahu!

Berkembangnya sektor pertanian menjadikan kita terus berinovasi dan membuat terobosan baru. Kini bercocok tanam tidak hanya bisa kita lakukan di tanah yang luas saja. Bahkan lahan sempit seperti pekarangan dapat kita tanami dengan berbagai contoh tanaman hortikultura.

Berbicara mengenai hortikultura, mungkin saja sebagian dari kita merasa asing. Terutama mereka yang sebelumnya belum pernah terjun ke dunia pertanian ini. Hortikultura merupakan sebuah kegiatan budidaya tanaman yang bisa kita lakukan di pekarangan, kebun, maupun lahan sempit.

 

Apa Saja Contoh Tanaman Hortikultura?

Pada dasarnya, tanaman hortikultura ini diklasifikasikan menjadi beberapa macam. Anda bisa menyesuaikan tanaman apa yang akan ditanam dengan memperhatikan kebutuhan, kondisi lingkungan, dan faktor lainnya.

Sebenarnya hortikultura ini bisa juga menjadi ladang bisnis yang menjanjikan. Tidak hanya memperindah halaman rumah, akan tetapi juga menambah penghasilan. Berikut ini adalah tanaman hortikultura yang bisa anda tanam di pekarangan rumah.

Frutikultur atau Tanaman Buah

Tanaman buah adalah jenis tanaman yang bisa anda panen dengan mengambil buahnya. Tanaman jenis ini menghasilkan buah berdasarkan musiman.

Akan tetapi, terdapat pula tanaman buah yang hanya bisa berbuah satu kali saja. Seperti halnya tanaman buah melon dan semangka. Contoh tanaman hortikultura yang berbuah musiman seperti mangga, jeruk, rambutan, serta beberapa jenis buah lainnya.

Olerikultur atau Tanaman Sayuran

Sayur adalah jenis tanaman yang umumnya terdiri dari daun dan tangkai, batang yang berusia muda, maupun bonggol umbi. Ada pula sayuran yang bisa langsung kita makan atau sering disebut sebagai lalapan. Sementara untuk jenis sayuran lainnya untuk cara memakannya harus diolah terlebih dahulu.

Misalnya kita sangrai, goreng, kukus, dan kita rebus. Olerikultur juga bisa kita kelompok menjadi beberapa macam. Seperti sayuran musiman maupun sayuran tahunan. Sayuran musiman ini antara lain seperti kangkung, paprika, lobak, cabe, kentang, wortel, tomat, ketimun, dan contoh tanaman sayur lainnya. Sedangkan untuk contoh tanaman sayuran tahunan, seperti melinjo, pete, jengkol, dan tanaman sayuran lainnya.

Florikultura atau Tanaman Bunga

Jangan salah, ternyata tanaman hias seperti bunga ini juga termasuk contoh tanaman hortikultura. Contoh tanaman bunga yang sering kita jumpai seperti anggrek, lavender, melati, mawar, dan bunga lainnya. Biasanya tanaman bunga ini sengaja ditanam di pekarangan karena hobi.

Bahkan, bunga-bunga tersebut memiliki bentuk yang cantik dan bau wangi. Hanya dengan melihat dan menghirup baunya saja, kita menjadi senang serta merasa tenang. Pekarangan pun juga akan semakin indah dan menarik.

Tips sederhana untuk anda, menanam tanaman bunga ini ada baiknya memperhatikan perawatannya. Bila hanya sekedar memperindah pekarangan saja, tanamlah bunga yang perawatannya mudah. Namun, bila anda hobi, tak masalah menanam bunga yang perawatannya cukup sulit dan mahal misalnya seperti anggrek.

Biofarmaka atau Tanaman Obat

Tanaman hortikultura yang sering dilupakan oleh masyarakat adalah tanaman obat. Padahal ini juga tak kalah penting untuk anda tanam. Ada dua macam tanaman obat, yaitu tanaman obat non rimpang dan tanaman obat rimpang.

Tanaman obat non rimpang yang bisa kita manfaatkan adalah bagian bunga, daun, maupun buahnya. Seperti halnya kayu manis, mahkota dewa, lidah buaya, dan yang lainnya. Sedangkan tanaman obat rimpang seperti jahe, kunyit, temulawak, dan sebagainya.

Lanskap atau Taman

Contoh tanaman hortikultura lainnya yaitu tanaman taman atau lanskap. Ini merupakan tanaman yang sengaja ditanam pada lahan untuk menambah kesan indah. Seperti taman gaya Perancis, taman gaya Jepang, dan lain sebagainya.

Artikel terkait Contoh Tanaman Hortikultura, Simak Berikut Ini Agar Anda Tahu!